Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Mantra Penyucian dan Pengendalian Diri Dalam Tradisi Hindu.



Ini Mantra Penyucian dan Pengendalian Diri Dalam Tradisi Hindu.

Hampir semua agama mengajarkan umatnya untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kesucian diri. Terlebih lagi ketika akan melaksanakan persembahyangan atau pemujaan kepada Tuhan, baik kebersihan fisik maupun kesucian pikiran dan rohani.

Untuk kebersihan fisik atau jasmani, tentu kita harus membersihkan diri dengan mandi, mencuci rambut, menggosok gigi dan hal – hal lainya yang berhubungan dengan kebersihan diri atau badan jasmani.

Namun untuk kebersihan diri secara rohani serta menjaga kesucian pikiran tentu memakai cara lain, disamping berbagai upaya pengendalian diri, pengendalian pikiran dan indria – indria duniawi, ada juga beberapa mantra yang dapat dilantunkan dalam upaya membersihkan dan memberikan manfaat kesucian bagi pikiran serta rohani. Ritual pembersihan diri dengan mantra ini disebut dengan manasa snanam atau mandi dengan mantra.

Dibawah ini adalah mantra yang dapat dipakai untuk menyucikan diri sendiri secara rohani, serta mantra untuk memohon anugerah para dewa saat akan memulai sebuah persembahyangan atau pemujaan.

Om apavitra pavitro vasarva vastan gatopi vayah smaret pundarikaksamsa bahya bhyantarah sucihOm Shri Visnu Om Shri Visnu Om Shri Visnu

Om, baik murni ataupun tidak, baik suci ataupun tidak, di bawah semua kondisi, mereka yang berpikir atau merenungkan Engkau yang bermata teratai( Visnu) menjadi murni dan tersucikan lahir dan bathin.

 Hormat kepada Dewa Wisnu

(Saat mengucapkan bait mantra terakhir, percikan air ke kepala dan seluruh tubuh)

Om Asucir sucir wapisarwa kama gatopi waWicintayet isana dewamsa bahya bhyantarah sucih 

Om baik murni ataupun tidak murni, baik suci ataupun tidak suci, walaupun terbelenggu oleh berbagai nafsu.Dengan mengingat, merenungkan engkau dewa Isana atau Siva, menjadi murni tersucikan.

(Ketika mantra diatas diucapkan, pikiran dan konsentrasi harus diupayakan untuk fokus pada perwujudan Dewa Siwa ataupun Istha dewata yang dipuja)


Om Nama SivayaOm Namo BudhayaAnugrahi mami nirmala, sarva sastra, suksma siddhiOm Saraswati parama siddhi ya namahSarva karya suddha nirmala ya namah SvahaOm Siva, Sada Siva, Parama SivaOm Budha, Dharma, SanghaOm Gam Ganapataye namahSembah sujud pada dewa SivaSembah sujud pada Sang BudhaAnugerahkanlah hamba kesucian, segala pengetahuan, dan kekuatan bathinSembah sujud pada dewi Saraswati yang maha saktiSemoga semua kegiatan tersucikan atas rahmat-MuSujud pada Siva, Sada Siva, dan Parama SivaSujud pada Budha, Dharma dan SanghaSembah sujud pada dewa Ganesha, penghalau segala rintangan.

(Ini adalah mantra yang sangat baik dilantunkan saat mengawali sebuah pemujaan atau persembahyangan)

Dengan melantunkan salah satu mantra penyucian diatas akan memberikan manfaat kebersihan dan kesucian rohani seperti saat dimana seseorang membersihkan badan jasmaninya dengan mandi. Sehingga membantu seseorang untuk bisa lebih berkonsentrasi dalam kegiatan sembahyang, puja ataupun segala kegiatan spiritiualnya.

Dari ketiga mantra tersirat bahwa untuk dapat senantiasa menjaga kesucian pikiran dan rohani adalah dengan senantiasa berusaha mengarahkan pikiran untuk mengingat nama Tuhan dan perwujudan-Nya, dalam segala manifestasi-Nya atau dalam wujud dan nama Istha Dewata yang kita puja. Om Shantih