Cara Anti Sipasi Supaya Tidak Tertular Virus Corona - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Cara Anti Sipasi Supaya Tidak Tertular Virus Corona




Virus corona  merupakan salah satu virus yang paling di takuti didunia, selain virus ini dapat menyebar secara cepat namun dapat membunuh manusia secara singkat, penyebab dari wanah ini adalah coronavirus jenis baru yang di sebut dengan novel corona viruss, penyakit ini termasuk golongan virus penyebab severe acute respiratory syndrome ( SARS ) dan middle east respiratory syndrome ( MERS ).

Langkah-langkah Mencegah Virus Corona



1. Membasuh tangan dengan benar
Membasuh tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Basuhlah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya 15 detik. pastikan seluruh bagian tangan di basuh dengan bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk yang bersih, atau mesin pengering tangan.

Jika anda adalah pekerja yang berada didalam transportasi umum, maka akan sulit untuk menemukan air dan sabun. anda bisa membersihkan dengan hand sanitizer. Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol 50% atau 60% agar lebih efektif membasmi kuman.

Abasuhlah tangan secara teratur, terutama sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, memegang hewan/ binatang, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin. basuh tangan juga penting di lakukan sebelum menyusui bayi atau memeras ASI.



2. Menggunakan masker
Ada 2 jenis masker yang bisa anda  gunakan untuk penyegahan virus corona, yaitu masker bedah dan N95.

Masker bedah atau surgical mask merupakan masker yang sekali pakai yang umu di gunakan. masker ini mudah di temukan, harganya terjangkau, dan nyaman di pakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari.

Cara pakai masker bedah yang benar adalah sisi berwarna pada masker harus menghadap keluar, sementara sis dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. sisi berwarna putih terbuat dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara.

Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker ini tetap bisa menurunkan resiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus corona.

Sedangkan masker N95 adalah jenis masker yang di rancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya diudara. jenis masker inilah yang sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus corona. meski demikian, masker ini kurang nyaman untuk dikenakan sehari-hari dan harganya relatif mahal.

Setelah melepas masker, basuhlah tangan dengan sabun atau hand sanitizer, agar tangan bersih dari kuman yang menempel pada tangan.



3. Menjaga daya tahan tuhbu
Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, kamu disarankan untuk mengomsumsi makanan sehat, yaitu seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, makanan protein yaitu telur, ikan, dan daging tanpa lemak.selain itu, rutin olahraga, tidur yang cukup,tidak merokok, dan tidak minum-minuman yang ada alkohol dan juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus corona.



4.Tidak pergi ke negara yang terjangkit
Tidak hanya tiongkok, penyakit infeksi virus corona kini juga sudah mewabah ke beberapa negara lain, yaitu di antaranya negara jepang,  china,  korea selatan, hongkong, taiwan, india, dan ngera lainya. virus corona sudah terkonfirmasi ditemukan di negara tetangga indonesia, yaitu singapura, malaysia, thailand, vietnam, dan filipina. agar tidak tertular virus ini, kamu disarankan tidak berpergian ke tempat yang ramai atau berpergian ketempat yang sudah memiliki kasus infeksi virus corona.



5.Menghidari kontak dengan hewan yang menularkan coronavirus
Coronavirus jenis baru di duga kuat berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh bebrapa hewan mamlia dan reptil. oleh karena itu kita harus waspada dan menhindari hewan-hewan tersebut. jika ingin mengomsumsi daging dan ikan dipastikan harus di cuci dengan bersih dan dimasak hingga benar-benar matang. hindari mengomsumsi daging dan ikan yang sudah busuk.

Bila anda mengalami gejala flu, seperti batuk, demam, dan pilek, yang disertai lemas dan sesak nafas, apabila dalam 2 minggu terakhir anda berpergian ke tiongkok atau negara-negara lain yang sudah memiliki kasus infeksi virus corona, segeralah periksakan diri ke dokter agar dapat di pastikan penyebabnya dan penanganan yang tepat.