Mari Cintai Diri Kita Sendiri dengan Tidak Mencampuri Urusan Orang lain - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Mari Cintai Diri Kita Sendiri dengan Tidak Mencampuri Urusan Orang lain


Rahajeng Semeton Blejara Membuat Banten Upakara Bali dan pembaca setia payanadewa.com,,,, semoga tidak pernah bosan membaca tulisan-tulisan yang dengan semoga memberi inspirasi dan tentunya bermanfaat untuk kita semua. Pun semoga bahagia selalu dan jangan lupa bersyukur lebih dulu.

Membahas tentang mencintai diri sendiri, ada banyak hal yang harus diketahui agar bisa mengenal diri lebih dalam dan tujuannya tetap satu yaitu mencintai diri sendiri. Saat kamu berusaha mencintai diri sendiri, saat itu juga kamu harus berusaha menjauhi atau bahkan berusaha meninggalkan hal-hal yang menyakiti dirimu.

Dan jika berbicara tentang mencampuri urusan orang lain, tahukah kamu bahwa itu adalah salah satu ciri seseorang belum mencintai dirinya sendiri seutuhnya. Yang menjadi pertanyaan, "Mengapa bisa dikatakan begitu?" Karena saat kamu mencampuri urusan orang lain akan ada banyak hal yang kamu korbankan untuk semua itu.

Maka dari itu, yuk simak 5 cara mencintai diri sendiri dengan tidak mencampuri urusan orang lain.

1. Tunjukkan kepedulianmu sewajarnya
Saat kamu telah mencintai dirimu sendiri saat itu juga cinta telah tumbuh pada dirimu

Akan lebih mudah juga untukmu memberi cinta kepada siapa pun itu. Dan jika suatu saat ada yang membutuhkan pertolonganmu, maka bantulah mereka dan tunjukkan kepedulianmu yang sewajarnya.

Rasa peduli yang wajar itu adalah salah satu bukti bahwa kamu tidak hanya mencintai dirimu sendiri, tetapi juga mencintai orang-orang yang membutuhkan pertolonganmu. Tetapi ingat, jangan sampai merepotkan dirimu sendiri atau bahkan sampai menyakiti dirimu sendiri. Ingat, segala sesuatu ada batasannya. Batasi segala sesuatu sewajarnya, maka itulah pertanda kamu tidak melupakan dirimu sendiri.

2. Ingat! Waktumu terlalu berharga jika hanya dipakai untuk mencampuri urusan orang lain

Untuk kamu yang tingkat kepekaannya terlalu tinggi dalam merespon urusan orang lain, maka ketahuilah ada banyak waktu yang telah kamu buang begitu saja hanya untuk mencampuri urusan orang lain. 

Kamu mengkritiknya habis-habisan di media sosial dan tidak lupa dengan menyindirnya juga lewat akun sosial media-mu. Tahukah kamu, saat menjadi seseorang yang seperti itu, saat itu juga kamu telah memilih untuk tidak mencintai dirimu sendiri. Karena apa? Karena kamu telah menunjukkan betapa lemahnya dirimu saat terlalu dalam mencampuri urusan orang lain yang sama sekali tidak kamu kenal.

3. Jangan merepotkan diri sendiri dengan terlalu banyak bertanya

Saat orang-orang terdekatmu sedang berada dalam sebuah masalah, maka ingatlah satu hal: pertama mereka hanya ingin didengarkan. Jika mereka tidak meminta pendapatmu, maka cukuplah kamu berusaha untuk menenangkannya. Dan saat kamu bertanya tentang apa masalahnya, lalu mereka tidak menjawabnya, cukuplah sampai situ. Jangan terlalu banyak tanya.
Memang tidak ada salahnya jika bertanya karena siapa tahu kamu bisa membantunya. Namun, jika dia memilih untuk tidak menjawab, berhenti merepotkan diri sendiri hanya untuk mengetahui yang bukan menjadi urusanmu.
4. Berhenti mencari tahu jika itu tidak terlalu penting untukmu

Semakin dalam kamu mencari tahu dan mencampuri urusan orang lain, maka semakin akan semakin rumit urusanmu. Ketahuilah, membatasi sesuatu yang tidak penting bagimu adalah salah satu bukti cinta untuk dirimu sendiri.
5. Berprinsip lebih baik diam daripada berbicara membuat orang lain terluka

Banyak orang-orang yang tidak disuruh berbicara akan tetapi berbicara semaunya, tanpa memikirkan seperti apa perasaan yang menjadi objek pembicaraannya. Mengkritik orang lain atau bahkan sampai membicarakan keburukan orang lain itu sangatlah mudah. Yang susah adalah menahan diri sendiri agar tidak menuruti apa yang dipikirkan oleh logika.
Dan saat kamu memiliki prinsip lebih baik diam daripada berbicara hanya membuat orang lain terluka adalah salah satu bukti bahwa kamu sedang berusaha mencintai dirimu sendiri dengan tidak membiarkan dirimu melakukan hal-hal yang menyakiti orang lain.
Itulah 5 cara mencintai diri sendiri dengan tidak mencampuri urusan orang lain. Dan semoga kamu adalah orang-orang yang mencintai dirimu sendiri.
Post a Comment