Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anak Melik Jelek atau Bagus?


Anak Melik Jelek atau Bagus?

Masyarakat Bali mengenal istilah anak melik, yaitu seseorang yang memiliki kelebihan seperti pada umumnya. Ketika lahir, anak melik memiliki tanda-tanda seperti dililit tali pusar, rambut kusut serta adanya tanda lahir tertentu seperti yang tertulis dalam Lontar Purwa Gama. Orang Melik diyakini memiliki kelebihan mental dan tingkat spiritual tinggi, dan konon merupakan suatu anugerah energi ketuhanan atau energi kesidhian yang dibawa seseorang karena karma yang dibawanya ke kehidupan saat ini. Lalu, adakah kekurangannya?

Pendek Umur

Berbicara tentang tanda lahir orang melik, salah satunya terlilit tali pusar tentu dapat dijelaskan secara medis bayi yang terlilit tali pusar adalah fenomena yang wajar saat ini. Lalu, apa kelahiran seperti itu dikategorikan kelahiran ‘khusus’? tentu tidak! Gejala ini dapat disebabkan karena gerakan bayi yang aktif dalam kandungan, memiliki cairan ketuban yang berlebihan, serta kondisi tali pusar yang panjang. Apa hubungannya dengan usia? lilitan tali pusat yang semakin kencang yang membuat pembuluh darahnya tertekan, sehingga mengancam keselamatan bayi jika tidak ditanggulangi dengan tepat. Nutrisi akan terhambat apabila tali pusar yang terlalu panjang melilit dan menekan saluran makanan bayi sehingga gizi tidak terpenuhi secara maksimal.

Anggapan orang Bali masih melekat bahwa anak melik mempunyai tanda lahir yang tidak wajar, seperti tanda merah pada wajah, kadengan, kulit putih dll. Konon memiliki umur yang pendek, mudah terkena penyakit  atau gangguan niskala lainnya. Padahal dari sisi medis anak yang memiliki tanda lahir disebabkan oleh pembuluh darah yang terkumpul atau tidak tumbuh normal sehingga dapat mengancam kesehatannya dikemudian hari.

Kesamaan Dengan Indigo

Anak Melik dan Orang Indigo diyakini mampu melihat gejala niskala serta berinteraksi dengan dimensi lain. Anak Melik memiliki watak ‘kerinyi’ atau sensitif sejak lahir, sedangkan orang indigo memiliki emosi yang labil dengan kata lain keduanya memiliki kesamaan jika dilihat dari sisi psikologi. Lalu, apakah benar anak melik dan indigo bisa melihat hal mistis? Dalam dunia kedokteran tidak ada istilah Indigo. Indigo masih dimasukan dalam kategori "pseudoscience" karena tidak adanya alat medis yang dapat membuktikan kebenaran mengenai kondisi yang mereka alami.

Kesimpulannya, Anak melik maupun orang Indigo memang memiliki bakat, namun mereka juga punya kekurangan. Sama seperti anak pada umumnya. Semua anak yang terlahir ke dunia adalah anugerah, memiliki kemampuan, bakat dan kelebihan masing-masing beserta kekurangan dalam dirinya.