Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makna Manis Galungan Sebenarnya, Kita Wajib Sebarkan Dharma


Satu hari sesudah Hari Suci Galungan yang jatuh pada hari wrhaspati (Kamis) Umanis atau Legi wuku Galungan dinamakan “Hari Manis Galungan”.

Yang dapat dimaknai sebagai saat dimana manusia yang merasakan nikmatnya (manisnya) kemenangan, yakni; dengan mengunjungi sanak saudara dengan penuh keceriaan, berbagi suka cita, mengabarkan ajaran kebenaran betapa nikmatnya bisa merayakan kemenangan.

Nah, pada hari ini para umat Hindu wajib mewartakan atau menyampaikan pesan dharma kepada semua manusia inilah misi umat Hindu: Dharma Vada- menyampaikan ajaran kebenaran dengan Satyam Vada – mengatakan dengan kesungguhan dan kejujuran hati. Hari ini juga merupakan hari dimana berkumpulnya para keluarga, atau saudara perempuan yang nikah dan tinggal di rumah suami datang ke rumah bajang. Baca juga Saudara Kandungmu Sangat Penting Dalam Hidupmu

Kabarkan kebenaran ini kepada mereka yang masih tersesat agar kembali ke ajaran Dharma, sampaikan kepada mereka wahai putra Utama”- janganlah malahan Engkau yang menjadi manusia tersesat dan kesasar dengan meninggalkan Dharma” (kitab: Sataphata Brahmana).

Demikianlah makna hakiki dari hari Manis Galungan hari ini. Yang berarti adalah saat ini kita berbagi keceriaan, suka cita, sekaligus merangkul dan mengajarkan saudara-saudara yang lainnya untuk lebih giat di jalan Dharma.


Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Makna Manis Galungan Sebenarnya, Kita Wajib Sebarkan Dharma"