Notifikasi

Loading…

Sumba Pulau Terindah di Dunia

Sumba Pulau Terindah di Dunia

Pulau Sumba merupakan salah satu pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang memiliki 4 kabupaten dengan Waingapu sebagai kota terbesarnya. Pulau dengan luas wilayah 10.710 km2 ini terpilih sebagai 'Pulau Terindah Di Dunia' versi Majalah Focus terbitan Jerman.

Majalah dengan oplah mencapai 5 juta eksemplar ini memilih Sumba sebagai pulau terindah di dunia karena kekayaan alam dan budayanya yang melimpah. Keindahan padang sabana yang luas yang jarang ditemukan di dunia serta alam laut dan pantai yang sangat eksotis menjadi salah satu nilai plus-nya.

Lembaga internasional bird life pun menetapkan kawasan Taman Nasional Matalawa di Sumba sebagai important bird area karena ada 10 jenis burung endemik yang hidup di pulau ini. Sebuah artikel berjudul Sumba Kein Tanz, aber ein Traum (Focus 17. February 2018, Seite 116) yang berarti, "Sumba, Bukan Nama Sebuah Tarian, tapi Sebuah Mimpi" menuliskan bagaimana keindahan pulau ini, hingga Sumba terpilih menjadi satu diantara 33 pulau terindah.

Majalah Focus sendiri merupakan satu dari tiga majalah mingguan terkemuka di Jerman. Jumlah pembacanya hampir 5 juta orang dengan jumlah terbitan lebih dari 400.000 eksemplar. Majalah ini masuk sebagai deretan majalah yang menjadi referensi informasi di banyak belahan dunia.

Bukan tanpa alasan majalah tersebut memilih Sumba sebagai pulau terindah di dunia. Beberapa fakta keunikan alamnya bahkan mungkin hanya bisa ditemui di Pulau Sumba. Beberapa keunikan tersebut, adalah Danau Weekuri yang menjadi satu-satunya danau air asin di Indonesia. Ok! Selain itu, ada Nihiwatu Sumba yang merupakan hotel terbaik di dunia tahun 2016 & 2017 versi Majalah Travel + Leisure.

Banyak sekali ada atraksi permainan salah satunya yang paling menjadi lirikan orang adalah atraksi perang tradisional melempar lembing dari kuda, yakni Pasola juga meraih Runner-Up kategori atraksi budaya terpopuler. Anugerah bergengsi tersebut diberikan oleh Majalah Wisata ternama Travel + Leisure. Bukit Warinding juga merupakan tempat terindah di Sumba, di mana perbukitan ini akan berubah warna mengikuti musim.


Dan satu lagi ialah mahakarya tenun Sumba yang harganya bisa mencapai ratusan juta. Tenun Sumba memiliki arti tersendiri bagi masyarakat setempat. Proses pewarnaan yang natural dan unik, proses pembuatan yang lama serta motifnya yang kaya akan nilai seni menjadikan tenun ini sebuah kebanggaan yang tak hanya untuk Sumba tapi juga Indonesia. "Selamat berkunjung ke Sumba" 🇮🇩 Salam NKRI Gemilang 🇮🇩 . . . 
Post a Comment