Sejarah Pohon Beringin di Pura Penataran Pande Desa Beng

Sejarah Pohon Beringin di Pura Penataran Pande Desa Beng

Jika Anda mempunyai teman asalnya dari Desa Beng, dan ingin berkunjung kerumah teman Anda itu, pasti Anda bertanya disebelah mananya pohon Beringin Penataran Pande?

Taukah Anda, Jika Pohon beringin yang ada di Jaba Pura ini di kenal sangat istimewa (alias Angker), yang dianggap sebagai penjaga Pura.

Dari sesepuh penua di Pura ini, konon pertama pohon beringin ini tumbuh disekitar Candi Bentar Pura, karena tumbuhnya pesat dan akarnya banyak, maka dipindahlah jaba (sisi) Pura. Sejarah cerita, dahulu ada warga sekitar yang mencari rumput untuk pakan dapinya di areal Pura Penataran Pande ini, tetapi sapinya akhirnya mati. Setelah di tanya ke orang pintar, katanya pohon beringin ini harus dipindahkahn, maka dari itu, Pohon Berin tersebut dipindahkan ke Jaba sisi Pura.

Sampai saat ini Pohon Beringin di Jaba sisi Pura penataran Pande Beng masih menjulang tinggi, dan kerap dijadikan sarana Uparaca ke Agamaan. Ada juga yang nunas (menggunakan) sebagai sarana pengobatan seperti, buah, daun, batang, maupun akar pohon beringin tersebut.
Kata sesepuh pura yang saya dapat baca dari sebuah situs, konon ada orang jahat yang ingin masuk keareal pura, mau ke jaba tengah dilihatnya ular yang bergelantungan, padahal itu hanya daun beringinnya.


Itulah, sejarah cerita Pohon Beringin Besar di Jaba Sisi Pura Penataran Pande Beng, Gianyar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel