Pembukaan PKB 2019, Presiden Jokowi Menggunakan Bahasa Bali Halus - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Pembukaan PKB 2019, Presiden Jokowi Menggunakan Bahasa Bali Halus

Pembukaan PKB 2019, Presiden Jokowi Menggunakan Bahasa Bali Halus

Presiden Joko Widodo membuka acara Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 di Lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar, Sabtu (15/6). Dalam sambutannya, Jokowi menggunakan bahasa Bali yang disambut riuh tepuk tangan pengunjung yang hadir.

“Punapai gatra? Becik..becik,” kata Jokowi di awal sambutannya. Selain itu, ia juga mengucapkan terimakasih yang dalam bahasa Bali diucapkan “matur suksma”.

Saat itu, ia harus mengeja dua kali untuk menyebutkannya dengan sempurna. Dalam pengakuannya ia sempat bilang memang kesulitan dalam mengucapkannya. “Matur suksma, saya mau ngomong tapi sering keliru, mohon maaf, sulit sekali buat saya, matur suksma. Karena bahasa daerah kita lebih dari 1.100 (bahasa) kalau saya keliru mohon dimaafkan.

Matur suksma sulit sekali meski saya terus ucapkan berulang-ulang keliru terus,” kata dia. Jokowi membuka PKB ke-41 yang nampak meriah. Pada tahun ini temanya adalah Bayu Pramana. Pawai tersebut diikuti oleh 4.370 orang yang terdiri dari seniman, penabuh, penari, koreografer, dan seniman lokal yang berasal dari 9 Kabupaten/kota di Bali.
Sangat wah dan berkesan (“Dengan memohon Rahajeng Nugraha Ida Sanghyang Widhi Wasa, Hari ini saya membuka dan melepas Pesta Kesenian Bali yang ke 41 Tahun 2019.


Matur Suksma,”) kata Jokowi.
Post a Comment