Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Rokok Bagi Ibu Hamil

Bahaya Rokok Bagi Ibu Hamil


Kita semua tahu, asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Terlebih bagi ibu yang sedang mengandung. Pada kemasan rokok pun disebutkan bahwa rokok dapat mengakibatkan gangguan kehamilan dan janin.

Meskipun tidak merokok, ibu yang sedang hamil bisa saja terpapar asap rokok dari sekelilingnya, misalnya dari lingkungan keluarga, rekan kerja, maupun lingkungan sekitarnya.

Zat-zat kimia yang terkandung dalam rokok dapat meracuni janin yang sedang dikandung. Menurut salah seorang peneliti, Jo Leonardi-Bee, PhD yang dimuat di WebMD mengatakan bahwa ibu hamil yang menjadi perokok pasif memiliki peningkatan risiko keguguran dan melahirkan bayi dengan masalah malformasi kongenital.

Hasil penelitian ini mengkonfirmasi pentingnya ibu hamil untuk menjauhi asap rokok selama kehamilan baik di rumah maupun di tempat umum. Berikut ini beberapa bahaya yang mengacam bila ibu hamil terpapar asap rokok:

  1.  Asap rokok dapat menimbulkan risiko kematian dini pada janin yang dikandung.
  2.  Bila sering terpapar asap rokok dapat berrisiko bayi lahir secara premature. 
  3. Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Association for Cancer Research di Washington mengatakan bahwa zat kimia yang terkandung dalam asap rokok yang masuk ke dalam tubuh dapat menimbulkan kerusakan genetik yang dapat memicu penyakit kanker darah (leukemia) dan kanker lainnya. 
  4. Dapat meningkatkan risiko anak mengidap penyakit jantung bawaan. 
  5. Dapat meningkatkan risiko memiliki asma pada bayi nantinya. 
  6.  Memperlampat pertumbuhan paru-paru janin yang dikandung. 

Agar terhindar dari risiko yang disebabkan oleh paparan asap rokok, mintalah kerabat dan keluarga untuk tidak merokok saat berdekatan dengan ibu yang sedang hamil.

Bila memungkinkan pakailah masker saat berada di tempat umum untuk mencegah terhirup asap rokok.

Post a Comment for "Bahaya Rokok Bagi Ibu Hamil "