Notifikasi

Loading…

Ketika Tempat Ibadah Beralih Fungsi Menjadi Tempat Hiburan

Ketika Tempat Ibadah Beralih Fungsi Menjadi Tempat Hiburan

Simak foto di postingan saya kali ini. Bisakah kalian tebak bangunan apakah ini?

Ya, jika kalian menjawab Gereja, dan saya yakin sebagian besar kalian mungkin menjawab demikian, kalian separuh benar. Ini adalah foto bekas Gereja. Lokasinya di tengah kota Lyon, Perancis di mana saat ini saya sedang berkunjung di rumah mertua.

Kenapa saya sebut bekas, karena sekarang bangunan dengan arsitektur menarik ini sudah tak lagi berfungsi sebagai rumah ibadah. Alih-alih, bangunan ini digunakan sebagai "night club", alias klab malam. Ya klab malam di mana pengunjung datang, bergoyang mengikuti dentuman musik sembari bersenang-senang.

Kaget? Tak percaya? Ya, teruskan baca dan kalian akan tahu alasannya.

Meski secara resmi Republik Perancis bukan negara agama, namun Perancis (ʁepyblik fʁɑ̃sɛz) sebagai bagian terbesarnya mengakui Gereja Katolik Roma sebagai Gereja resminya (disebut Gereja Katolik/Roma). Di mana segala urusan formal keagamaan dilakukan dan jadi pertanggujawabannya. Sri Paus (Paus) memegang jabatan tertinggi dalam struktur Gereja Katolik Roma ini.

Namun, beberapa dekade belakangan, trend keagamaan warga Perancis menampilkan wajah pucat. Di mana berdasarkan survei yang dilakukan British Social Attitudes pada 2017, hanya 14% dari 66,8 juta penduduk Perancis mengaku sebagai penganut Katolik. Sementara 52% penduduk Perancis mengaku tidak menganut agama apapun.

Sebagian besar mereka yang masih mengaku beragama berada di rentang usia tua. Sementara di kelompok muda, hanya 2% saja yang mengaku berafiliasi dengan Gereja, sementara 7 dari 10 anak muda mengaku tak beragama.

Dari jumlah penduduk Katolik tersebut, hanya 1 dari 5 orang yang masih aktif pergi beribadah di Gereja setidaknya sekali dalam sebulan. Ini di luar menghadiri pernikahan atau upacara kematian.

Mungkin statistik di atas bisa memberi kita gambaran mengapa ada bangunan rumah ibadah yang akhirnya dikonversi jadi fasilitas hiburan macam tadi. Dan jangan salah, jumlahnya tidak sedikit lho, bukan hanya di kota Lyon saja, kota-kota lain di Perancis seperti Paris, Nantes, Cannes dll juga ada.

Jadi, silahkan kalian renungkan dan ambil hikmahnya sendiri-sendiri.


Salam 🙏
Post a Comment