Kacang Panjang Thailand dan Indomie

Kacang Panjang Thailand dan Indomie


Pagi hari ini saya mampir ke toko makanan Asia. Maklum, stok beras menipis, begitu juga Indomie. Semua barang yang dibutuhkan sudah masuk keranjang belanja, ketika saya temukan barang satu ini.

Kacang panjang, ya kacang panjang. Bukan, saya bukan penggemar sayuran jenis ini sebenarnya, namun saya cukup kaget menemukannya di sini. Yang lebih mengagetkan adalah, kacang panjang tadi produk dari negara Thailand.

Rasa penasaran saya bertambah. Jangan-jangan masih banyak lagi produk Thailand di sini. Dan benar adanya, hampir sebagian besar produk bahan makanan mentah maupun kemasan di toko ini, yang khas Asia Tenggara, adalah produk dari Thailand.

Mulai beras, sayur macam pokchoi, kangkung, aneka bumbu masak seperti lengkuas dan kunir, hingga daun pisang pun asal negeri Gajah Putih tersebut. Saya lalu mencoba mencari pembandingnya. Adakah produk dari Indonesia yang dijual di toko ini? Pandangan saya tertuju pada jejeran bumbu masak kemasan di salah satu rak. Ada bumbu rendang juga opor. Nah ini pasti produk Indonesia, seru saya dalam hati.

Namun saat saya baca labelnya, damn, maki saya. Produk Singapura ternyata. Bahkan sambal bajak dalam botol di sebelahnya pun produk negeri Singa.

Wait, wait pasti ada produk Indonesia di sini. Ah, tempe. Pasti tempe produk kita. Saya ambil dari tumpukan di freezer untuk kemudian kembali kecewa. Tempe di sini dibuat di negara Belanda.

Akhirnya, saya melangkah lesu menuju rak mie instan. Saya tahu pasti, kalau ada produk Indonesia di sana. Apalagi kalau bukan Indomie. Ya, satu-satunya hal yang membuat saya temukan koneksi dengan tanah air adalah produk kesayangan penjual warung kopi (warkop) ini.

Ada apa dengan negara kita? Ada kendala apa sehingga produk-produk negeri tetangga macam Thailand dan Singapura banyak beredar hingga sejauh ini, namun tidak produk negeri kita?

Saya belum temukan jawaban atas pertanyaan itu. Saya terburu pulang sembari membawa bungkusan kacang panjang di tangan. Terpikir menyandingkan kacang panjang dengan Indomie.

Siapa tau bisa jadi ide jualan baru kelak saat pulang ke Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel