Dewi Fujin Istri Soekarno Asal Jepang

Dewi Fujin Istri Soekarno Asal Jepang

Adakah yang mengenal Dewi Fujin? Kalau Dewi Soekarno Putri pasti pernah dengar. Iya, Dewi Fujin adalah nama lain Ratna Sari Dewi Soekarno Putri, istri dari Presiden RI pertama Soekarno yang berasal dari Jepang. Nama lengkapnya Ratna Sari Dewi Soekarno, namun di Jepang lebih dikenal sebagai Dewi Fujin. Fujin berasal dari bahasa Jepang yang berarti madam/ibu.
Dewi Fujin lahir pada 6 Agustus 1940 dengan nama Nemoto Naoko.

Agustus tahun ini beliau genap berusia 79 tahun. Jangan dikira pada umur tersebut beliau duduk di kursi roda atau memakai tongkat untuk berjalan, beliau masih sehat sentosa. Nemoto Naoko yang berusia 19 tahun bertemu Bung Karno yang berusia 57 tahun di Hotel Imperial, Tokyo, sewaktu Bung Karno mengadakan kunjungan kenegaraan ke negara Jepang pada tahun 1959. Alamak, pantaslah kalau hati Bung Karno jatuh hati kepada Nemoto Naoko yang muda dan cantik.

Sebelum menjadi istri Bung Karno, Naoko masih berstatus sebagai pelajar jurusan seni dan artis. Kemudian Bung Karno menikahinya pada tahun 1962 sebagai istri ke-enam. Yang kemudian Bung Karno menganugerahi beliau nama Indonesia yaitu Ratna Sari Dewi Soekarno yang berasal dari bahasa sangsekerta yang berarti inti perhiasan para Dewi. Setelah Bung Karno tak lagi menjadi Presiden RI (1967), Ibu Dewi tinggal berpindah-pindah dari satu negara ke negara yang lain, yaitu Swiss, Perancis dan Amerika. Beliau bekerja pada United Nations Environmental Program (UNEP) menolong pengungsi dll.

Pada tahun 2008 beliau pulang ke tanah kelahirannya di Jepang dan menetap di Shibuya, salah satu pusat keramaian di Tokyo. Kegiatan beliau sekarang selain menjalankan bisnis perhiasan, juga mengumpulkan dana kemanusiaan dan kadang-kadang muncul di acara TV di Jepang. Bung Karno dan Ibu Dewi memiliki seorang anak bernama Kartika Sari Dewi Soekarno yang lahir di Jepang pada tanggal 11 Maret 1967. Kartika hidup mengikuti dimana ibunya berada, dibesarkan di Perancis, kemudian menjadi wartawawati sebuah stasiun televisi di Tokyo, kemudian bekerja di biro periklanan dan yayasan swasta di New York.

Dari pengalamannya bekerja di yayasan tersebut, akhirnya Kartika mendirikan yayasan sendiri bernama Kartika Soekarno Foundation (KSF) yang berkantor pusat di Amsterdam, Belanda. Kartika menikah dengan Presiden Citibank Eropa yang bernama Frits Frederik Seegers yang berasal dari Belanda pada 2 Desember 2005.

Pernikahan Frits dan Kartika juga dihadiri oleh Ibu Megawati Soekarnoputri sebagai saksi pernikahan. Seusai upacara pernikahan, pasangan ini kembali ke London, Inggris untuk menjalankan aktivitasnya.


Dan sekarang rahun 2019 Dewi Fujin usianya 79 hampir 80an silakan baca Istri Soekarno Ratna Sari Dewi di Kepala 8 Masih Tetap Cantik dan Menawan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel