Pesona Kepulauan Gura Ici, Kabupaten Halmahera Selatan

Pesona Kepulauan Gura Ici, Kabupaten Halmahera Selatan
Pesona Kepulauan Gura Ici,
Kabupaten Halmahera Selatan
Mempesona dan eksotis, dua kata yang layak untuk menggambarkan lokasi dan kondisi Kepulauan Gura Ici. memiliki keindahan panorama alam dan potensi bawah laut yang sangat luar biasa. Sehingga membuat para pengunjungnya akan jatuh cinta pada pandangan pertama.

Kepulauan Gura Ici merupakan gugusan dari beberapa pulau yang berada disekitarnya. Pulau ini, masuk dalam kategori pulau kecil. Tepat berada di depan Pulau Lelei, Kecatan Kayoa, Kabupaten Halmahera Selatan. Gura Ici sendiri diambil dari Bahasa Ternate, yaitu Gura yang artinya kebun dan Ici yang artinya kecil. Ukuran Pulau Gura Ici ini tidaklah seberapa besar.

Sehingga sangat layak diberi nama Pulau Kebun Kecil. Kepulauan Gura Ici merupakan kawasan prioritas pengembangan pariwisata oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan. Pulau yang berada tepat ditengah garis khatulistiwa ini memiliki kekayaan biota laut yang sangat beragam.

Setidaknya hingga saat ini ada lebih dari 10 titik penyelaman di Kepulauan Gura Ici. Salah satu yang paling istimewa adalah bisa menjumpai dan berenang bersama dengan Ikan Pari (Pari Manta) di perairan ini. Di Kepulauan Gura Ici, selain menikmati keindahan alam dan atraksi bawah lautnya.

Disini, Anda juga bisa menemukan kearifan lokal dan budaya masyarakat setempat dalam memanfaatkan alam sekitar untuk pemenuhan hidup. Aktifitas masyarakat secara tradisonal masih bisa di jumpai di sekitar gugusan kepulauan ini. seperti memancing dan mencari ikan dengan cara menombak dengan peralatan seadanya serta anda juga bisa melihat langsung cara pengelolaan ikan julung oleh masyarakat setempat.

Kalau beruntung, anda akan diajak makan ikan bakar secara gratis dari hasil tangkapan warga. Untuk mencapai Kepulauan Gura Ici, Anda dapat menggunakan kapal cepat (speed boat) dari pelabuhan Bastiong Ternate atau bisa juga menggunakan Kapal Feri dengan jarak tempuh sekitar 3 - 4 jam perjalanan dari Ternate. Tiba di Kayoa, perjalanan dilanjutkan dengan menyewa perahu ketinting ke Pulau Lelei. Setiba di Lelei, Gugusan Pulau Gura ici yang didomimasi pasir putih nampak terlihat jelas dari kejauhan.


Terumbuh karang dan biota lautnya terlihat jelas dengan biru jernih air lautnya. Nah, tunggu apa lagi..?? Ayo siapkan perlengkapan anda sekarang juga. Kita Gas ke Gura Ici. Oya, Jangan lupa tenda dan logostiknya gaes..!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel