Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menanam Pohon Sengon, Selain Menguntungkan juga Menjaga Alam

Menanam Pohon Sengon, Selain Menguntungkan juga Menjaga Alam

Anda punya lahan? Jika ia, saya sarankan menanam pohon sengon sekarang! Akhir-akhir ini banyak yang menanam pohon sengon untuk dijadikan investasi lahan bisnis, selain  menguntungkan juga menjaga alam, karena lahan yang nggak terawat dan iklim tropis di Indonesia ini sangat membantu pertumbuhan pohon sengon.

Menjaga alam dengan menanam pohon sengon, artinya kita sudah berpartisipasi dalam membentuk sumber oksigen baru serra mengurangi kadar CO2 di udara.

Nah, lalu bagaimana skema keuntungannya? Sebagai contoh, seandainya kalian mempunyai lahan seluas 1 hektar (10.000 meter persegi) maka kalian bisa menanam 500 batang bibit pohon sengon. Untuk modal yang kalian butuhkan adalah Rp 25 juta: pembersihan lahan Rp 5 juta, bibit Rp 5 juta, biaya pemeliharaan Rp 15 juta sampai 5 tahun, itu nggak termasuk sewa tanah jika kalian ingin sewa tanah.

Perawatan saya tulis hanya 5 tahun, karena cukup segitu, selebihnya kalian bisa bersih-bersih sendiri, untuk panen, selama 7 sampai 10 tahun. Bayangkan hasilnya dengan modal hanya Rp 25 juta itu? Hahaha, kalian akan menjadi milyuner.

Gimana, tertarik untuk memulainya? Jika ingin memulainya kalian bisa berkunjung ke tempat/bertanya ke orang yang sudah memanen pohon sengon ini. Jika di Bali sekarang sudah banyak yang memanen pohon sengon ini, untuk pembeli sudah ada banyak investor yang akan menanti, kalian nggak perlu khawatir soal tersebut.

Menanam Pohon Sengon, Selain Menguntungkan juga Menjaga Alam

Pohon Sengon adalah tanaman yang penting dalam menunjang kehidupan manusia sehari-hari. Pohon yang sudah disensor dapat menghasilkan produk seperti bahan bangunan, yang membuat pohon ini menjadi pilihan  investasi yang menguntungkan dan menjaga alam.

Berlangganan via Email