Cara Agar Cepat Hamil

Beberapa hari yang lalu, di sebuah grup facebook yang saya ikuti terdapat pertanyaan dari salah satu membernya tentang bagaimana caranya agar cepat memiliki keturunan. Pertanyaan tersebut banyak dikomentari oleh member lainnya, ada yang memberikan jawaban masuk akal, promosi jualannya sampe komen-komen nyeleneh hampir kaya mitos cara agar cepat hamil.

Cara agar cepat hamil

Saya kalo ada orang pengen hamil rasanya suka pengen bantuin, ngerasa dia tuh temen seperjuangan juga karena beberapa tahun lalu saya juga berada di posisi itu, kesulitan punya momongan. Membaca komen-komen cara hamil, saya menemukan bahwa mayoritas dari mereka (grup tersebut) masih minim infomarsi, saya ngomong kaya gini bukan karena udah expert, sama masih perlu banyak belajar cuman karena pengalaman saya wisata Rumah Sakit dan Dokter Spesialis Kandungan jadi lumayan tau.

Saya pribadi juga pernah disuruh orang makan banyak toge biar cepet hamil diawal-awal pernikahan saya, sebagai orang awam yang pengen cepet hamil otomatis saya turuti sampe rasanya bosen ngeliat toge. Buktinya, setelah beberapa lama makan toge sampe kelenger hamil pun ternyata ga. Mungkin ada juga pasangan yang berhasil hamil hanya dengan makan toge tapi hal kaya gitu ga akan berhasil disemua orang. Kalo yang sehat mungkin bisa berhasil tapi kalo ada masalah dirahim misalnya saluran tersumbat saya ga percaya toge bisa bikin saluran lancar (paten) Ada lagi komen untuk rutin makan telur bebek mentah, saya gatau kandungan dari telur bebek ini apa yang bisa bikin cepet hamilnya malahan setau saya sekarang ini udah ga boleh makan yang mentah-mentah apalagi pengen hamil dan banyak lagi makanan dan posisi yang disarankan.

Saya percaya semua makanan yang dipercaya bisa bikin cepet hamil itu baik dan apa salahnya dicoba, namanya juga usaha tapi menurut saya adalah lebih baik apabila ketika pengen hamil juga dibarengi periksa ke Dokter Spesialis Kandungan khusunya langsung periksa ke subspesialis kesuburan. Kita perlu tau, apa penyebab belum juga hamil padahal sudah rutin berhubungan 3x seminggu, suami istri dirasa sehat. Menurut Dokter yang saya kunjungi ketika saya baru menikah 7 bulan tapi udah kebelet hamil, kalo belum setaun menikah ga ada yang perlu dikhawatirin apalagi kalo masih tergolong muda. Selama suami istri tinggal bersama (bukan LDM) dan rutin berhubungan Insya Allah kehamilan mudah, cukup konsumsi asam folat dan Vitamin E untuk mempersiapkan kehamilan.

Perlu digaris bawahi, bahwa asam folat dan Vitamin E bukan penyubur kandungan. Beda fungsinya tapi banyak orang yang mengira kalo dengan konsumsi asam folat dan Vitamin E jadi subur tapi kaya tadi bilang diatas, ada juga orang yang hanya minum asam folat dan Vitamin E yaa langsung dung. Saya juga dulu pernah dibekelin Asam Folat dan Vitamin E dari Dokter dan waktu minumnya udah berasa bakal hamil bulan depannya. Akhirnya, setaun pernikahan karena belum juga hamil saya datang lagi ke Dokter kali ini Dokternya lebih banyak nanya tentang riwayat kesehatan saya dan suami. Masalahnya, setelah menikah Haid saya memang acak-acakan jadi susah menemukan masa subur.

Waktu itu, Dokternya ngasih saya obat penyubur fungsinya agar sel telur saya matang jadi mudah dibuahi. Ga semua Dokter bakal kasih obat penyubur ini ke pasien, setau saya hanya bisa diberikan 3 siklus haid saja selebihnya bisa memicu sel kanker. Setelah saya minum, Bulan depannya memang haid dan berarti program hamil saya bulan ini masih gagal tapi ada juga teman dekat saya dan mungkin banyak orang diluar sana yang 1x minum penyubur dan berhasil. Minum Obat penyubur pun harus pantauan Dokter, dalam 1 siklus harus per 2 minggu cek sel telurnya apakah tubuh bereaksi dengan obat itu atau tidak.

Dokter memberikan saya rujukan untuk pemeriksaan Laboraturium untuk analisis sperma dan cek saluran tuba (HSG) tapi waktu itu belum saya lakukan karena keterbatasan biaya. Analisis Sperma dan HSG adalah prosedur wajib bagi pasangan yang ingin program hamil. Cerita teman yang sama-sama mengantri di Klinik yang sudah 11 tahun nikah tapi belum hamil padahal haid lancar dan suami spermanya baik akhirnya menjalani tes HSG, hasilnya ternyata dalam saluran rahimya terdapat virus yang memakan sperma juga menutup saluran.

Jadi, maksud saya HSG itu penting ga cukup dengan makan toge (toge lagi kebawa). Saya dan suami selama 2,5 tahun pindah-pindah Dokter dan makan bermacam makanan yang disarankan orang agar cepat hamil dari mulai otak kelinci, jus 3 diva, jeruk nipis, kayu manis, obat herbal sampe rutin olahraga dan sampe akhirnya memutuskan untuk benar-benar serius menjalani program hamil yang dibuatkan Dokter. Kami menjalani tes lab untuk analisis sperma dan HSG, Alhamdulillah hasilnya baik. Dokter saya waktu itu masih mengernyitkan dahi ketika saya bilang siklus haid saya masih acak-acakan.

FYI, saya mengalami PCOs atau bahasa awamnya sel telur kecil-kecil dan banyak namun tidak matang jadi sulit dibuahi. Saya sudah 3x minum obat penyubur dan tidak berhasil hamil walaupun sel telur besar jadi Dokter pun ga berani kasih lagi. Saya divonis tidak bisa hamil secara alami karena sel telur harus dipacu agar membesar dan kesempatan saya sudah habis jadi Dokter menyarankan saya untuk Inseminasi.

Long Story Short, saya hamil dengan alami karena apapun kata medis tapi jika Allah berkehendak semua bisa terjadi tapi sebagai manusia wajib mengusahakan selain berdoa dan banyak bersedekah. Saya suka bingung kalo ada yang pengen hamil dan tanya gimana caranya biar hamil tapi kalo saya suruh untuk periksa malah jadi kendor, jadi sejauh mana keinginannya. Allah juga melihat niat dan usaha kita biar diijabah tapi cuman baru sampe mau tapi tidak mau usaha yaa gimana. Usia bertambah, kesuburan wanita juga berkurang beriring waktu jadi kehamilan menurut saya adalah sesuatu yang harus diusahakan baik-baik setelah itu pasrahkan jangan cuman ditunggu yang penting udah usaha karena sesuatu dikabulkan malah ketika kita dalam keadaan benar-benar pasrah dan ikhlas.


Jadi boleh makan toge banyak-banyak atau minum apa gitu tapi maksudnya jangan dijadiin yang utama tetep harus periksa juga dan berdoa. Salam sayang untuk para wanita perindu tespek 2 garis dari saya wanita yang pernah percaya bahwa tespek garis 2 hanyalah mitos, semangat terus dan terus berusaha, keajaiban pasti datang.

Penulis: Yuly

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel