Bali Kian Kehilangan Keragaman Budaya

BALI yang kini bukanlah Bali yang dulu. Itu sudah pasti, namun perubahan Bali yang kini membawa dampak positif dan negatif. Bali yang dulu terkenal dengan keramahan dan kebersamaan masyarakatnya, kini sudah mulai memudar. Masyarakat Bali kini cenderung individual. Namun, kemajuan pariwisata dan taraf hidup masyarakat juga mulai meningkat. Jika melihat dari budaya dan seni, kemajuan dan perkembangan zaman membuat kreativitas seni dan budaya makin bervariasi. Namun, di sisi lain masyarakat cenderung melupakan dan mengabaikan budaya dan seni tempo dulu dengan alasan gengsi.

Bali Kian Kehilangan Keragaman Budaya
@agusbenk

Perekonomian dan perkembangan pembangunan meski semakin maju namun hanya dikuasai oleh segelintir orang berduit seperti investor asing bukan lagi milik masyarakat asli Bali.

Berbicara keragaman di Bali sesungguhnya bisa dibanggakan, dimana masyarakat Bali bersifat terbuka baik dengan agama, budaya, tradisi dan seni. Namun, di sisi lain keragaman budaya yang muncul lebih didominasi oleh budaya-budaya baru, sehingga keragaman budaya tempo dulu diabaikan bahkan terlupakan. Yang membuat miris dan prihatin melihat budaya Bali tempo dulu justru lebih dihargai oleh bangsa lain dibandingkan oleh masyarakat Bali sendiri. Masyarakat Bali baru akan 'marah' dan ribut di saat mereka sadar kalau budayanya diklaim oleh negara lain.


Sudah saatnya masyarakat Bali khususnya generasi muda sadar akan kekayaan budaya-budaya yang dimiliki. Seharusnya di saat kita menerima budaya baru, menciptakan budaya baru, budaya tempo dulu tetap dilestarikan bukan dilupakan. Dengan pelestarian budaya itu keragaman budaya yang dimiliki bukan hilang, namun akan semakin beragam dari budaya tempo dulu. Budaya baru yang masuk ke Bali dan budaya-budaya kompilasi atau perpaduan kedua kebudayaan tersebut. Harus juga ditanamkan pada anak-anak tentang budaya-budaya Bali semenjak dini sehingga rasa memiliki Bali tertanam sejak dini dan budaya tempo dulu tidak hilang ditelan zaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bali Kian Kehilangan Keragaman Budaya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel