Wisata Goa Jomblang, Wisata Goa Terunik di Indonesia

https://www.mldspot.com/sites/default/files/field/image/Goa-Jomblang-Yogyakarta-3.jpg
Source: www.mldspot.com
Selain wisata pantai dan wisata sejarah yang sangat terkenal, jika datang ke kawasan Jogjakarta, Anda juga dapat berkunjung ke tempat wisata goa. Salah satu wisata goa yang bisa Anda temukan di Jogjakarta adalah wisata Goa Jomblang.
Wisata Goa Jomblang ini merupakan sebuah tempat wisata yang sangat terkenal di Gunung Kidul, Jogjakarta. Goa ini tergolong sebagai salah satu goa purba yang menawarkan keindahan goa yang tentunya tak ada duanya. Anda bisa memacu adrenalin dengan datang berkunjung ke wisata goa yang satu ini tentu saja. Informasi selengkapnya tentang wisata goa Jomblang, dapat Anda cek dan simak dalam uraian di bawah ini. Check these out!

Informasi Wisata Goa Jomblang

Image result for asal mula Goa jomblang
Dalam data statistik, disebutkan bahwa wisata Goa Jomblang merupakan satu diantara ratusan bahkan ribuan goa yang ada di kawasan karst Gunung Sewu dengan keunikan yang sangat mengagumkan. Siapapun ketika datang kesini akan berdecak kagum karenanya.
Asal mula Goa Jomblang sendiri terbentuk dari proses geologi amblesnya tanah diatas beserta vegetasi yang terjadi di ribuan tahun silam pada areal permukaan tanah. Vegetasi di Goa Jomblang yang ambles ke dasar goa terus tumbuh dengan subur sampai saat ini kemudian dikenal warga sekitar dengan sebutan Hutan Purba Gunung Kidul. Hal ini juga karena jenis tumbuhan disini memiliki keunikan yang berbeda dengan taman lain yang ada di permukaan tanah.
Di wisata Goa Jomblang, terdapat sekitar empat jalur utama yang biasa dilewati oleh para penjelajah alam. Jalur pertama yaitu merupakan jalur penting yang mudah dilalui dan sering disebut dengan jalur VIP. Pada jalur ini, terdapat sekitar 15 meter pertama melalui lintasan terjal dan masih bisa ditapaki oleh kaki.
Peralatan SRT yang perlu disiapkan juga harus lengkap demi mendukung keselamatan ke dasar goa, bagi Anda yang ingin berwisata di Goa Jomblang. Sisa jarak dengan dasar Goa Jomblang dapat ditempuh dengan SRT yang sudah disiapkan kemudian meluncur sejauk 20 meter dengan tali.
Akan tetapi ketiga jalur lain untuk sampai di dasar Goa Jomblang lebih sulit. Hal ini karena perlu SRT sejak ketinggian 80 meter untuk jalur A, 60 meter untuk jalur B dan 40 meter untuk jalur C. Untuk para wisatawan yang masih belum terbiasa, jalur yang dipakai untuk sampai ke dasar goa dengan peralatan SRT tentu akan sangat melelahkan.
Terlebih ditambah lagi dengan beberapa cerita mistis yang ada kaitannya dengan sejarah Goa Jomblang dari para penjelajah yang pernah mengalami sendiri. Mungkin Anda akan merasakan getaran – getaran aneh yang membuat bulu kuduk merinding ketika masuk ke dalam goa, akan tetapi hal tersebut tidak berlangsung lama. Yang penting, jangan pernah takut dan yakinlah!
Setelah Anda masuk ke dalam goa, perasaan senang menyaksikan betapa indahnya Goa Jomblang akan Anda rasakan. Ketika Anda sudah tepat berada di dasar goa, Anda bisa menemukan beberapa tumbuhan yang tumbuh subur merimbun pada dinding kapur goa yang telah ditumbuhi dengan aneka tumbuhan perdu. Kemudian selanjutnya wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menyusuri lorong goa sebagai penghubung antara Goa Jomblang dengan goa vertical lainnya yaitu goa Grubuk.
Dijamin Anda yang berwisata ke tempat wisata Goa Jomblang akan mendapatkan berbagai macam pengalaman baru yang sangat seru. Anda akan mendapatkan sebuah pengalaman liburan yang tak akan pernah terlupakan pastinya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel