Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Merencanakan Wisata dengan Waktu Terbatas

Sesibuk apapun kita, jangan sampai melupakan kebutuhan wisata. Karena tentu saja otak juga butuh liburan dan meredakan kepenatan yang selama hari kerja sudah menjadi bayang – bayang. Minimal satu bulan sekali atau satu bulan dua kali, liburan harus tetap dijalankan. Bahkan sesibuk apapun Anda.
Untuk Anda orang – orang yang punya mobilitas tinggi dengan tingkat kesibukan diatas rata – rata sehingga waktunya pun juga terbatas, ada beberapa tips yang Anda bisa terapkan untuk merencanakan kegiatan liburan. Liburan yang menyenangkan tanpa beban dijamin Anda dapatkan dengan menjalankan tips ini! Berikut bagaimana tips merencanakan wisata dengan waktu terbatas yang Anda harus tahu!

Tips Merencanakan Wisata dengan Waktu Terbatas   

Ambil waktu liburan yang tepat
https://blog.traveloka.com/source/uploads/2018/12/Kalender-2019-infographic-1024x1448.jpg
Source: Traveloka.com
Pekerja kantoran tentu akan kesulitan untuk liburan selain di hari libur. Biasanya pekerja kantoran memanfaatkan long weekend untuk liburan. Utamanya jika agenda liburannya memakan cukup banyak waktu. Sebagai cara menyiasati waktu liburan, Anda bisa melakukan perjalanan wisata di hari sabtu, minggu dan cutilah selama satu hari sehingga liburan 3 hari tanpa menunggu long weekend bisa dijalankan.
Buat itinerary yang masuk akal
Image result for itinerary illustration
Dengan waktu liburan yang sangat singkat tentu seorang pekerja yang super sibuk tak bisa melakukan penjelajahan ke terlalu banyak tempat dalam sekali waktu. Jika masih memaksakan diri, bukannya menikmati perjalanan selama liburan karena Anda akan lebih tergesa – gesa sehingga kegiatan liburan akan kurang menjadi menyenangkan. Alhasil makna asli dari kegiatan liburan tak bisa Anda dapatkan.
Buat daftar tempat yang Anda ingin kunjungi
Image result for itinerary ilustrasi
Setelah Anda tentukan lama waktu liburan, tips merencanakan wisata dengan waktu terbatas yang selanjutnya Anda perlukan adalah bahwa Anda bisa membuat sebuah daftar tempat wisata yang Anda ingin kunjungi sebanyak mungkin. Kemudian Anda bisa mempertimbangkan apakah tempat wisata tersebut memungkinkan didatangi sesuai waktu yang telah ditentukan atau tidak.
Anda perlu coba mencari tahu tentang jam operasional, akses dan juga jaraknya. Pastikan agar Anda lebih mengutamakan untuk memilih tempat wisata yang tidak biasa akan tetapi menarik. Selain itu jika memang waktu berlibur sedang terbatas, sebisa mungkin Anda harus menghindari tempat wisata yang aksesnya sulit dijangkau karena dapat membuang – buang waktu Anda.
Pesanlah tiket dan atur waktu perjalanan jauh – jauh hari
Image result for ticket ilustrasi
Ketika rencana liburan sudah fix dan diatur dengan sebaik mungkin, maka tak ada salahnya untuk Anda membeli tiket perjalanan. Anda dapat memesan sejak jauh hari tiket yang Anda inginkan karena hal semacam ini akan memungkinkan bagi Anda untuk bisa mendapatkan penawaran harga terbaik dari maskapai penerbangan.
Selain itu, Anda juga memiliki kesempatan yang jauh lebih luas untuk memanfaatkan event promo atau potongan harga lain yang diberikan oleh masing – masing maskapai penerbangan. Hal yang sama juga Anda bisa lakukan ketika sedang melakukan pemesanan hotel. Anda harus dapat memastikan bahwa Anda memang memilih waktu terbaik ketika sedang melakukan pemesanan sehingga Anda akan mendapatkan harga yang paling murah dan sesuai dengan kantong Anda.
Manfaatkan transportasi yang murah tapi nyaman
Image result for transportasi ilustrasi
Anda yang super sibuk tentu perlu transportasi yang nyaman. Jika perlu, transportasi yang murah juga Anda perlukan. Anda bisa menggunakan kereta api yang nyaman dan murah dibandingkan dengan menggunakan bus yang terkadang membuat beberapa orang bisa mengalami mabuk darat. Di tempat wisata sekalipun, jangan malu atau sungkan untuk menggunakan jasa transportasi lokal yang akan membawa Anda dengan budget yang murah.
Demikian beberapa tips merencanakan wisata dengan waktu terbatas yang dapat Anda terapkan. Semoga menjadi informasi yang menginspirasi Anda.