Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan dan Kekurangan Antara Blogging dan Vlogging

Related image
Blogger dan vlogger sudah menjadi salah satu profesi yang dewasa ini menjadi pusat perhatian. Pasalnya profesi yang dilakukan atas dasar keahlian ini sudah menciptakan banyak orang sukses di Indonesia dengan penghasilan yang jumlahnya fantastis sampai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.
Blogging dan vlogging sama – sama merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan dengan monetisasi blog. Akan tetapi keduanya memiliki perbedaan. Jika blogging memonetisasi suatu blog dengan konten utama berupa tulisan dan gambar, maka vlogging merupakan suatu langkah monetisasi blog yang konten utamanya memanfaatkan bahan berupa video. Tentunya masing – masing profesi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan antara blogging dan vlogging? Disini kami berikan informasinya untuk Anda!

Kelebihan dan Kekurangan Antara Blogging dan Vlogging

Oke, disini kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan antara blogging dan vlogging. Pada part pertama, kita akan bahas tentang kelebihan blogging dan vlogging. Kelebihan dari kedua profesi tersebut yaitu :
Waktu kerja yang sangat fleksibel dan tidak terikat
Hal yang paling menyenangkan menjadi seorang content creator adalah bahwa Anda bisa memiliki waktu kerja kapan saja dan dimana saja. Anda tidak terbentur dengan aturan yang mengikat. Anda bisa ciptakan waktu kerja Anda sendiri dan melakukan apapun yang Anda mau dengan blog atau website yang sedang Anda kembangkan.
Yang paling penting adalah disiplin diperlukan. Tak ada yang melarang Anda namun usahakan Anda melakukan update content baik itu video atau tulisan secara teratur. Jangan memiliki rasa malas karena rasa malas tersebut dapat menjadi salah satu aspek yang membuat Anda mudah mengalami kemunduran utamanya bagi seorang pemula.
Mendapatkan popularitas
Sampai saat ini cukup banyak orang yang terkenal dan sukses melalui blognya dengan menjadi seorang blogger atau vlogger. Dengan semakin dikenalnya suatu blog atau youtube maka menjadikan orang yang memiliki media tersebut akan juga populer karena kebanyakan orang cenderung ingin tahu siapa dibalik blog atau konten youtube menarik yang dibuat.
Financial benefit atau tambahan pendapatan
Ketika blog atau channel youtube Anda maju, bermanfaat dan juga merupakan suatu media yang memiliki banyak traffic bahkan sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan akses ke fitur keuangan atau pendapatan yaitu tambahan penghasilan melalui iklan dari perusahaan periklanan maka semua itu akan membawa Anda ke alternatif pendapatan.
Bahkan tak jarang seorang blogger atau vlogger yang menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan utama mereka. Hal ini karena memang potensi keuntungan yang sangat besar dari profesi yang satu ini. Ada banyak juga blogger atau vlogger yang kemudian mendapat endorse produk – produk berbayar, mendapatkan jasa atas suatu iklan dan berbagai pundi – pundi penghasilan lainnya dimana hal tersebut dapat menjadikan seorang blogger atau vlogger cepat mendapatkan uang tambahan. Selain itu blog yang dimonetisasi berpotensi mendapatkan penghasilan dari google melalui program pay per click Google Adsense.
Namun ada juga beberapa kekurangan dari menjadi seorang blogger atau vlogger. Beberapa kekurangan dari profesi ini yaitu Anda harus bersabar untuk bisa menghasilkan pendapatan karena butuh waktu lama untuk merawat suatu blog atau website agar dapat dimonetisasi.
Jadi kuncinya adalah sabar dan ulet. Jangan patah semangat ketika pertama kali gagal karena banyak juga seorang blogger atau vlogger yang sudah mencoba berulang kali baru di percobaan yang kesekian kalinya mendapatkan kesuksesan. Jadi, selamat mencoba dan jangan pantang menyerah! Semoga informasi tentang kelebihan dan kekurangan antara blogging dan vlogging diatas bermanfaat dan menginspirasi Anda.