Bahaya Content Plagiat Bagi Blogger

Image result for plagiat ilustrasi
Anda yang berkecimpung di dunia digital tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah content plagiat. Content plagiat merupakan suatu istilah yang diberikan pada sebuah konten yang isinya meniru atau mengcopy content yang dimiliki oleh blog atau situs yang lain. Apakah berbahaya dan apa bahaya content plagiat bagi blogger?
Tentu saja content plagiat ini berbahaya karena Google tahu mana content yang asli dan yang hanya mengcopy saja. Selain itu, masih banyak bahaya content plagiat yang lain bagi blogger. Disini kita akan mengupas secara detail tentang hal tersebut.

Bahaya Content Plagiat Bagi Blogger   

Menurunkan reputasi suatu blog
Blog atau konten yang sudah terdeteksi dengan duplicate content oleh google bisa mengalami masalah penurunan reputasi di search engine. Hal ini karena adanya anggapan bahwa kualitas artikel yang disajikan adalah artikel dengan kualitas rendah. Karenanya, reputasi suatu blog akan hancur ketika content plagiat ada dalam sebuah blog, walau jumlahnya sangat minim.
Content plagiat dibenci oleh search engine
Tidak hanya manusia yang benci sesuatu tiruan. Akan tetapi mesin yang bekerja menurut program tertentu juga ternyata tidak suka dengan content plagiat atau artikel bajakan. Search engine bisa mendeteksi mana artikel yang asli dan mana content plagiat di sistem mesin mereka. Dengan begitu search engine bisa jauh lebih mudah untuk menjatuhkan hukuman kepada blog yang menampilkan konten – konten yang suka membajak artikel dan blog lainnya.
Sulit mencapai posisi teratas di search engine
Google punya punishment tersendiri untuk menertibkan para blogger. Jika blog sudah memiliki content plagiat, maka padanya akan diberikan hukuman tersendiri dengan menempatkan blog tersebut pada posisi paling rendah search engine. Bahkan ada kemungkinan blog tersebut akan dihapus oleh Google jika memang terdapat content plagiat.
Mendapat finalty dari Google
Bahaya content plagiat bagi blogger yang lainnya adalah bahwa usaha yang Anda sudah lakukan dengan menjalankan SEO on page akan hilang sendirinya. Jika Anda ingin membangun kembali reputasi, maka Anda harus memulai lagi dari awal. Bagi para blogger atau master SEO, diharapkan kepada Anda untuk menghindari content plagiat. Jika memang Anda ingin membuat artikel, Anda perlu menggunakan artikel asli dengan menggunakan teknik SEO yang fair agar tidak merugikan diri Anda sendiri dan pihak yang lain. Jika harus ada bagian yang dicopy, Anda dapat mencantumkan sumbernya.

Jika Anda ingin tahu mirip dengan konten manakah konten yang Anda buat , ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Anda bisa memanfaatkan tool untuk mengecek keaslian artikel yang Anda buat apakah sudah asli atau masih ada kesamaan dengan artikel lain yang lebih dulu di post di Google. Beberapa tool yang Anda bisa gunakan untuk mengecek keaslian artikel diantaranya :
Copyscape
Copyscape merupakan mesin pencari sederhana dimana tool ini memungkinkan kepada Anda untuk memasukkan URL konten Anda. Copyscape merupakan tool pengecekan duplikasi konten yang hadir dalam sistem gratis dan ada juga yang berbayar.
Smallseotools plagiarism checker
Tool pengecekan ini juga sangat populer. Tool yang satu ini merupakan tool gratis yang dapat mengecek konten dengan kepanjangan 1000 kata dalam satu artikel.
Akismet
Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan trackback di WordPress. Duplicate content akan muncul di folder spam jika Anda menggunakan akismet di wordpress Anda. Kunci untuk bisa mendapatkan trackback dengan memasang Akismet adalah menyertakan tautan ke posting lain pada konten yang dibuat. Baiknya Anda pastikan agar link tersebut memiliki anchor text yang bagus agar kesannya semakin professional.
Itulah apa saja bahaya content plagiat bagi blogger. Jadi ada baiknya Anda cek keaslian content Anda dan jangan sampai ada yang plagiat agar tidak bermasalah pada rank blog Anda di mata mesin pencari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel