Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Blogging Untuk Pemula

Image result for blogging pemula ilustrasi
Memulai suatu hal memang tidaklah mudah, termasuk bagi Anda yang notabenenya merupakan seorang blogger pemula.  Ada berbagai hal yang perlu dipersiapkan dan penting untuk Anda kuasai agar kegiatan ngeblog yang Anda lakukan tidaklah sia – sia dan berpotensi menjadi sebuah ladang bisnis yang menghasilkan untuk Anda.
Dalam tips blogging untuk pemula, yang paling penting diperhatikan adalah tentang bagaimana Anda bisa berani memulai dan menguasai apa yang akan Anda tulis dalam blog Anda. Namun juga ada beberapa aspek yang penting Anda persiapkan dan disini kami akan berikan informasi selengkapnya. Check these out!

Tips Blogging Untuk Pemula  

Tentukan tujuan ngeblog Anda pertama kali
Image result for blogging pemula tujuan ilustrasi
Tujuan merupakan suatu landasan. Jika Anda tidak memiliki tujuan maka tentu sudah bisa dipastikan bahwa blog Anda nantinya tidak akan jelas arah dan tujuannya akan kemana. Alhasil pada akhirnya kita akan menjadi tidak konsisten dalam mengurus blog. Ngeblog sendiri merupakan suatu urusan waktu, tenaga dan pikiran sehingga jangan sampai semuanya menjadi kemudian terbuang sia – sia karena Anda sedari awal masih belum punya tujuan yang jelas.
Tentukan topic dalam blog Anda
Image result for blogging pemula tujuan ilustrasi
Memilih topic yang benar – benar diminati sesuai dengan hobi atau keahlian memang suatu aspek yang sangat penting. Sehingga jika Anda memilih topic yang Anda sendiri tidak suka maka bisa dipastikan blog Anda tidak akan bertahan lama dan Anda tidak akan memiliki konsistensi dalam mengurusnya.
Selectif memilih layanan ngeblog
Image result for blogging pemula tujuan ilustrasi
Ada banyak sekali layanan yang Anda bisa gunakan untuk mulai membangun blog seperti halnya blogger.com, wordpress.com, tumblr.com dan yang lainnya. Semua itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Akan tetapi banyak blogger professional yang menganjurkan untuk menggunakan wordpress karena menjadi salah satu bentuk layanan blogging yang professional dan banyak penggunanya. Namun untuk pemula, menggunakan blogger.com gratisan juga diperbolehkan.
Jadikan blog Anda sebagai penyedia informasi paling komplit
Image result for blogging informasi ilustrasi
Tips blogging untuk pemula yang selanjutnya adalah Anda harus menyediakan konten atau artikel yang paling lengkap di blog Anda. Baiknya Anda membuat blog satu niche dengan berbagai pilihan menu didalamnya yang membahas tentang niche yang Anda bahas di blog tersebut.
Semisal jika Anda mengambil tema blog kesehatan ibu dan bayi, maka Anda harus bisa membuat menu – menu blog yang mengupas segala hal tentang kesehatan ibu dan bayi sehingga ketika pengunjung datang berkunjung, mereka sudah menemukan berbagai informasi yang mereka butuhkan.
Gunakan kata kunci yang tepat
Image result for keyword blog ilustrasi
Sebelum membuat konten atau artikel, Anda harus riset kata kunci. Pastikan kata kunci yang Anda riset adalah kata kunci dengan pencarian yang besar namun di titik persaingan yang rendah sehingga Anda bisa bersaing dengan blog – blog yang lain dengan jauh lebih mudah untuk mengalahkan pesaing Anda di rank pertama google.
Pastikan artikel original
No copy paste! Itulah catatan penting untuk Anda yang ingin belajar ngeblog. Jadi, orang yang ingin menjadi seorang blogger harus orang yang memang benar – benar memiliki keahlian dan kelihaian dalam menulis. Jika seseorang tersebut tidak memiliki keahlian dan kelihaian dalam menulis, tentu akan sulit membuat tulisan untuk blognya. Sulit juga untuk menjaga dan mempertahankan kualitas dari suatu artikel. Karena itu keahlian menulis bagi seorang blogger sangatlah penting.
Pastikan blog Anda ber-SEO
Image result for Seo blog ilustrasi
Anda harus bisa memastikan bahwa blog Anda merupakan sebuah blog yang ber-SEO. Dalam dunia blogging, SEO itu merupakan suatu hal yang sangat penting karena SEO merupakan suatu pengoptimalan website atau blog agar mendapatkan posisi yang terbaik di search engine.
Itulah tips blogging untuk pemula yang Anda harus pahami. Selamat belajar dan semoga informasi yang kami berikan diatas bermanfaat.