Panduan Solo Travelling ke Bali dan TIps Travelling Hari raya Nyepi

Panduan Solo Travelling ke Bali dan TIps Travelling Hari raya Nyepi

Dengan harga di Bali terkesan mahal, melancong ke Bali dengan biaya minim memang kedengarannya tidak mungkin saat travelling ke Bali. Dibalik biaya yang mahal, banyak juga penginapan-penginapan dan makanan yang harganya murah dan terjangkau. Hilangkan rasa pesimis biaya mahal saat liburan.
Wisatawan domistik maupun mancanegara, menjadikan pulau Bali merupakan destinasi favorite. Beberapa diantara destinasi wisata yang bisa kita kunjungi saat berada di Bali yaitu Garuda Wisnu Kencana (GWK), pantai Kuta, Seminyak, Sanur, Pandawa,Pura Uluwatu,dan masih banyak lagi. Saat liburan, Bali selalu ramai dikunjungi.  
Siapapun selalu ingin berkunjung ke pulau seribu Pura ini karena Pesona pulau Bali memang sangat mengesankan. Saat Hari Raya Nyepi, pernakah anda ernah berkunjung ke pulau Dewata ini.
Seluruh umat Hindu di Bali akan merayakannya dengan Tapa Brata penyepian saat hari Raya Nyepi. Mereka malakukan empat pantangan dan menjadi kepercayaan Hindu yaitu: Amati Lelanguan (tidak bersenang-senang), Amati Lelungan (tidak bepergian), Amati Karya (tidak bekerja), dan Amati Geni (tidak menyalakan api).
Wisatawan baik domistik maupun wisatawan mancanegara harus menghormati sebagai pendatang di Bali. Saat Hari Raya Nyepi sedang berlangsung maka mereka harus mentaati aturan yang ditetapkan. Tidak seperti saat hari-hari normal, wisatawan tidak bisa bepergian dengan leluasa. Agar umat Hindu bisa merayakan Hari Raya Nyepi dengan khidmat, pada saat Hari Raya Nyepi situasi dan kondisi di Bali memang diciptakan hening dan sunyi.
Pada saat travelling ke Bali saat hari raya Nyepi sedang berlangsung, Bali akan memiliki daya tarik tersendir bagi wisatawan asing maupun lokal.
Dibawah ini kami memberikan tips solo travelling ke Bali dan tips travelling saat hari raya nyepi.
#1 Tips solo Travelling ke Bali
Siapkan budget secukupnya
Siapkan anggaran untuk keperluan makan dari anggaran akomodasi dan ticketing. Selain membeli oleh-oleh anda juga menyiapkan anggaran untuk membayar tiket masuk ke tempat wisata. Sebagian bisa anda simpan ke rekening Bank dan bisa diambil sewaktu anda perlu menggunakan ATM dan sisanya atau seperlunya bisa disimpan di dompet. Agar ini anda akan merasa aman dan tidak khawatir ketika uang selalu di bawa kemana-mana.
Carilah penginapan dengan harga murah.
penginapan yang menawarkan harga miring per malamnya di sekitar Jalan Poppy Lane dan Jalan Legian terkenal dengan kumpulanya. Harganya pun sangat berpariasi mulai dari 75.000 sampai 300.000. Bahkan harganya pun cukup murah apabila anda menyewa diatas tiga hari. Mengenai penginapan murah sudah kami bahas di situs ini.
Sewa sepeda motor
Mungkin anda sudah tidak sabar untuk menikmati ke indahan Bali setibanya anda di Bali. Jika lokasinya tidak jauh mungkin itu tidak menjadi masalah karena dengan mencapainya cukup berjalan kaki saja. Tapi rasanya tak mungkin anda berjalan kaki saat ingin mengunjungi pantai Kuta atau Danau Batur dalam satu hari. Jika menyewa sepeda motor selama lebih dari satu hari, Jangan lupa menawar harga karena anda bisa saja mendapat harga lebih murah.
Cari makanan murah di kedai khusu Backpacker
Terlalu sering jajan tentunya bisa menjebol dompet anda maka dengan urusan makan anda juga wajib berhati-hati. Di sekitar pantai, carilah warung-warung makan rumahan. Biasanya penjual menjual makanan serta minuman dengan harga murah. Dan biasanya pula menjadi tempat mangkal para backpacker.
Hindari menginjak Banten atau Sesajen
Anda perlu tahu mengenai info ini saat Travelling ke Bali. Sesajen biasa diletakkan di pintu masuk dan area-area yang sering dilalui orang dan Sesajen atau Banten berupa bunga dan persembahan lainnya dalam wadah janur (canang sari). Mungkin pertanyaan, bagaimana jika tidak sengaja untuk menginjak? sebenarnya tidak masalah jika menginjak didepan pemilik tempat Sesajen diletakkan. Sebagai orang yang baik, anda harus minta maaf dengan pemiliki tersebut. Karena kita harus menjaga budaya lokal kita.
Sebaiknya hindari Sesajen saat berjalan dan jangan sampai anda menginjaknya. Ini sama halnya saat anda mengunjungi Pura. Atau tempat yang dianggap suci. Selalu menggunakan pakaian yang sopan. Pakailah sarung apabila anda menggunakan celana pendek.
#2 Tips Solo Traveling Ke Bali saat hari Raya Nyepi
Jika anda ingin Travelling ke Bali saat Hari Raya Nyepi, berikut tips-tips yang kami sampaikan.
Hindari penerbangan H-1 Nyepi
jangan memilih penerbangan H-1 saat berlibur ke Bali saat Nyepi. Apalagi saat jadwal kedatangan anda di Bandara Ngurah Rai di atas jam 19.00 WITA. Karena sudah pasti setiap jalan ditutup karena untuk pawai Ogoh-Ogoh.
Khusus sopir Taksi hanya bisa mengantar anda dengan jarak dekat saja. Untuk menuju hotel, maka anda harus jalan kaki. Semua penerbangan yang ada di Bandara Ngurah Rai akan dibuka kembali setelah H+1.
Bawa senter elektronik
Jangan lupa untuk membawa senter elektronik yang tinggal di Charger saja. semua lampu kamar di hotel pada saat malam Nyepi harus dimatikan. Yang hanya diperbolekhkan saat menyala yaitu lampu baca untuk anak kecil.
Bawa obat-obatan
Sudah dipastikan semua Apotek tutup, maka bawalah obat-obatan yang diperlukan. Khusus rumah sakit 24 jam di Bali akan tetap buka. Tapi sama saja, karena akses untuk di rumah sakit juga di tutup. Masalah kesehatan, anda harus berjaga-jaga.
Membawa perlengkapan renang, buku, iPad atau laptop
Selain buku, ipad atau laptop, Jangan lupa bawa perlengkapan renang. Karena pada saat Nyepi traveler masih bisa berenang di kolam renang tersebut sampai sore. Itupun apabila di hotel tempat anda menginap ada kolam renang. Untuk mengusir kejenuhan selama dikamar, Buku, ipad dan laptop juga bisa digunakan.
Sedia makanan ringan dan minuman
Sehari sebelum Nyepi, Semua minimarket di Bali akan buka hingga pukul 22.00 Wita. Pastikan anda membeli softdrink, air mineral, makanan ringan di minimarket. Di saat Hari Raya Nyepi, jangan lupa persiapkan makanan dan minuman.
Siapkan uang tunai sebelum Hari Nyepi
Mulai pukul 18.00 Wita sebelum Hari Nyepi, semua mesin ATM sudah dimatikan. Hal ini tentu sangat diperlukan saan anda hendak membeli makanan dan minuman. atau sekedar jajan-jajan sebelu Hari Raya Nyepi tiba.
Janga lupa tanyakan pada pihak hotel mengenai pelayanan selama Nyepi
Karena saat Hari Raya Nyepi, traveler atau anda tidak diperkenankan keluar dari hotel. Karena pada keesokan harinya peraturan ini dimulai pada pukul 06.00-06.00 Wita. Mengenai makan malam dan makan siang tanyakan terlebih dahulu pada pihak hotel mengenai restoran.
Tanyakan juga selama Nyepi apakah staff hotel diperbolehkan bekerja melayani tamu. Berbicara soal makan malam biasanya hanya dibatasi sampai pukul 18.00 Wita saja.
Mengisi hari dengan berbagai kegiatan di hotel
Berbagai kegiatan di Hotel bisa anda lakukan misal dengan berenang di kolam renang hotel, membaca buku, bersantai di kamar, dan lain-lain. Harus anda ingat tidak hanya Radio, TV lokal pun ditiadakan. Televisi hanya mendapat siaran asing saja jika televisi hotel menggunakan cable atau satelit TV.
Jangan membuat masalah di hotel
Jangan membuat kegaduhan atau masalah karena biasanya para petugas hotel atau pecalang akan memberi peringatakan kepada anda.
Disaat malam hari, kurangi cahaya lampu kamar
Saat malam hari, buatlah lampu kamar anda sedikit buram. Jangan menghidupkan semua lampu, kecuali tirai kamar anda cukup tebal dan tertutup rapat area jendela. Agar tidak ada sinar yang terpancar keluar dari kamar.
Saat malam coba keluar kamar (cukup di Hotel saja)
Saat gelap gulita, cobalah keluar kamar untuk menikmati Bali. Pulau Bali yang biasanya penuh dengan kerlap-kerlip lampu, kini hanya sinar bulan dan bintang yang bersinar begitu cerah. Seperti tidak ada kehidupan di malam itu.
Nyepi juga disebut dengan perenungan. Ini bisa dibayangkan penghematan energi yang begitu besar apabila ritual ini dilakukan di seluruh Indonesia. Setelah Hari Raya Nyepi berakhir, dan untuk merayakan Tahun Baru Saka semua masyarkat Bali akan saling bersilaturahmi dan melakukan sembahyang di Pura-Pura atau di Pura keluarga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel