Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Daftar Orang Terkaya di Indonesia Menurut Majalah Forbes

7 Daftar Orang Terkaya di Indonesia Menurut Majalah Forbes

Tak dapat dipungkiri bila sejak lama kekayaan dijadikan tolak ukur bagi kesuksesan seseorang. Siapapun pasti ingin menjadi orang kaya, karena dengan menjadi kaya, artinya seseorang dianggap telah sukses. Sama seperti 7 orang terkaya menurut majalah Forbes berikut ini:

1. Hartono Bersaudara

Anda yang sering berbelanja kebutuhan elektronik pasti sering mengunjungi toko elektronik bernama Hartono. Ternyata, Hartono bukan hanya menjadi nama sebuah toko elektronik terbesar di Indonesia, tetapi juga merupakan nama marga dari pemiliknya. Ya, pemiliknya merupakan dua bersaudara Hartono, yaitu R. Budi dan Michael Hartono. 

Kedua bersaudara ini adalah pewaris dari toko elektronik yang dirintis oleh mendiang ayahnya sejak tahun 1978. Kini, toko elektronik yang berawal dari sebuah toko listrik ini telah berkembang besar dan membuat kedua pemiliknya menghasilkan kekayaan hingga mencapai 35 Miliar Dolar Amerika.

2. Susilo Wonowidjojo

Gudang Garam merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi rokok kretek yang dimiliki oleh Susilo Wonowidjojo. Susilo merupakan anak ke-3 dari pendiri Gudang Garam sekaligus pewaris turun temurun dari bisnis mendiang ayahnya ini. Di tangan Susilo inilah Gudang Garam mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga kekayaannya kini mencapai 9,2 Miliar Dolar Amerika.

3. Eka Tjipta Widjaja

Pengusaha dari PT. Sinar Mas ini merupakan pengusaha yang bergerak di sektor pulp dan kertas, makanan, agrobisnis, jasa keuangan, telekomunikasi, dan pengembangan area perumahan. Dari berbagai macam sektor yang ditekuninya itu, yang paling populer adalah produksi kertas serta buku. Eka mendirikan perusahaannya sejak tahun 1938, dan mengalami perkembangan sampai sebesar sekarang. Kekayaan Eka sendiri saat ini ditaksir mencapai 8,6 Miliar Dolar Amerika.
 
4. Sri Prakash Lohia

Pengusaha yang lahir dan besar di India ini adalah pendiri sekaligus pemilik dari Indorama Corporation. Bagi yang tidak tahu, perusahaan milik Lohia ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang tekstil dan petrokimia. Hasil produksi yang membuat perusahaannya berkembang tajam adalah dengan memproduksi PET, yaitu bahan yang digunakan untuk membuat botol Pepsi dan Coca Cola. Dengan kesuksesannya itu pula akhirnya mengantarkan Lohia berada pada posisi ke-4 sebagai orang terkaya di Indonesia.

5. Anthony Salim

Pengusaha dengan kekayaan sebesar 5,3 Miliar Dolar Amerika ini adalah pemilik PT. Indofood Sukses Makmur dan PT Bogasari Flour Mills. Nama perusahaan ini memang tidak asing terdengar di telinga Anda karena perusahaan ini terkenal akan produksi bahan-bahan makanannya, seperti mi instan dan tepung terigu. Bahkan, perusahaan milik Anthony ini telah diakui sebagai raja industri makanan di Indonesia.

6. Tahir

Tahir merupakan pemilik Mayapada Group dengan usaha meliputi media cetak, perbankan, televisi berbayar, rumah sakit, dan properti. Meski saat ini telah menjadi orang terkaya nomor 6 di Indonesia dengan kekayaan mencapai 4,5 Miliar Dolar Amerika, Tahir kecil juga pernah merasakan hidup sebagai orang susah yang dibesarkan oleh kerja keras seorang tukang becak.

7. Chairul Tanjung

Si Anak Singkong, Chairul Tanjung berada di posisi ke-7 sebagai orang paling kaya di Indonesia. Kekayaannya berkisar di angka 3,5 Miliar Dolar Amerika yang berasal dari usahanya di bidang multimedia, perbankan, properti, dan pusat perbelanjaan. Meski saat ini menjadi pebisnis sukses dan membawahi berbagai usaha besar, Chairul Tanjung dulunya juga sempat mengalami jatuh bangun. Hal itulah yang kemudian memberinya pengalaman untuk semakin mahir berbisnis.

Majalah Forbes tentunya tidak sembarangan dalam menganalisis daftar orang terkaya di dunia. Beberapa contoh orang Indonesia sukses di atas tentu akan bisa memotivasi para pebisnis lain untuk tetap semangat dalam memaksimalkan kinerja agar dapat mengukir keberhasilan.

Berlangganan via Email