Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Daftar Orang Terkaya Di Medan

10 Daftar Orang Terkaya Di Medan, Sumatra

Indonesia memiliki berbagai provinsi salah satunya Sumatera Utara khususnya Kota Medan. Di Indonesia banyak sekali pengusaha – pengusaha sukses. Oleh karena itu, berikut akan dibahas 10 daftar orang terkaya di medan.

1. Martua Sitorus

Martua sitorus adalah orang batak keturunan tionghoa yang bernama asli thio seng hap lahir tahun 1960 di Pematang Siantar. Martua sendiri sudah beberapa kali masuk ke dalam daftar majalah Forbes untuk 1000 orang terkaya di dunia dengan posisi ke 316 dengan jumlah kekayaan hingga 3 miliar dolar AS. Martua yang memulai bisnisnya sebagai pedagang minyak sawit dan dapat membangun pabrik pengolahan minyak kelapa sawit. 

Martua sendiri memiliki bendera perusahaan bernama Wilmar International Limited yang memiliki sekitar 48 perusahaan.

2. Sukanto Tanoto

Sukanto tanoto lahir pada tanggal 25 desember 1949 di belawan yang memiliki nama asli Tan Kang hoo. Sukanto pengusaha besar yang dikenal sebagai pemilik Raja Garuda Mas Internasional dimana kebanyakan usahanya bergerak di bidang agrikultur,  mulai dari bubur kertas sampai dengan kelapa sawit. Beliau juga telah berinvestasi pada sekitar 10 negara lebih.

3. Tjong A Fie

Tjong A fie konon memiliki bank kesawan yang menguasai seluruh perkebunan yang ada di Sumatra dan juga membangun rel kereta api di china. Tidak hanya itu beliau juga dikenal luwes khususnya ketika menyelesaikan masalah dan perselisihan soal perkebunan. Hal inilah yang membuat Tjong A Fie diangkat oleh pemerintahan hindia belanda menjadi “Kapitan Tionghoa” . 

Ada sisi dermawan dan mulia dari seorang Tjong A Fie , yakni ketika meninggal pada tahun 1926 , beliau telah membuat wasiat agar seluruh kekayaannya di sumbangkan untuk masyarakat yang membutuhkan tanpa melihat agama, ras, dan suku. Tidak salah kalau Tjong A Fie mendapat predikat orang terkaya di medan.

4. Tengku Wilman

Tengku Wilman memiliki harta lebih dari Rp 13,9 Miliar. Tengku Wilman sendiri diketahui bahwa ia adalah seorang yang hobi mengoleksi tanah, Tanah Tengku sendiri sudah tersebar ke beberapa lokasi, seperti di Bekasi, Labuhan Batu Utara.

5. Chairuman Harahap

Chairuman merupakan seorang yang lahir di Gunung Tua pada 10 Oktober 1947. Kekayaan beliau pun tidak hanya hasil kerja keras tetapi juga berasal dari harta warisan senilai Rp 4,425 Miliar. Dimana harta warisan ini terdiri dari perkebunan yang tersebar di 22 lokasi dan sebuah pertambangan.

6. Rahmat Shah

Harta Rahmat Shah ini paling banyak berada dalam bentuk harta tak bergerak, seperti tanah dan bangunan. harta tersebut pun sudah tersebar di 25 lokasi, yaitu antara lain di Siantar, Medan, Jakarta Selatan, Tangerang, dan lain sebaginya. harta tanah dan bangunan yang dimiliki Rahmat Shah senilai dengan Rp 89,7 Miliar.

7. Gatot Pujo Nugroho

Gubernur Sumatra utara ini mempunyai harta Rp594,8 juta. Harta sebelum beliau menjadi Wagub Sumut dan selanjutnya menjadi Plt Gubernur Sumut. Menurut  laporan LHKPN yang diserahkan ke KPK 30 Januari 2008. Dia menempati urutan kedelapan.

8. dr. Sawaluddin Nst

Beliau adalah seorang dokter tetapi memiliki tanah yang luas. Beliau memiliki harta berkisar 480 juta,serta kebun kelapa sawit sekitar 50 hektar, sawah di daerah mandailing natal sekitar 5 hektar, serta Tanah yang terletak di dua tempat yang luasnya 2000 meter persegi.

9. Nisel Idealisman Dachi

Bupati Nisel Idealisman Dachi mempunyai  harta senilai Rp750 juta yang dilaporkan pada 8 Januari 2004. Beliau mempunyai tanah di dua lokasi, yakni  di Nias dan di Jakarta pusat.

10. Damayanti Lubis

Anggota DPD  Darmayanti Lubis melaporkan hartanya Oktober 2009. Hartanya Rp2,8 miliar ditambah USD 15.100. Dia punya tanah satu lokasi di Medan dan dua di Jakarta Pusat,  dan mempunyai giro/kas Rp1,327 miliar.

Dari 10 daftar orang terkaya di Medan tersebut, manakah yang paling inspiratif? Tentunya, dengan membaca kehidupan mereka akan lebih memotivasi untuk bisa semangat dalam bekerja maupun berbisnis.

Selain 10 daftar Orang Kaya di Medan, baca juga  Daftar Orang Kaya di Jawa dan Daftar Orang Kaya di Bali  ini.

Berlangganan via Email