Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Populer di Indonesia, Tapi Kenapa Lagu Kokoro no Tomo Tidak Terkenal di Jepang? Ini Jawabannya

Populer di Indonesia, Tapi Kenapa Lagu Kokoro no Tomo Tidak Terkenal di Jepang?

Siapa sih yang nggak tau tentang lagu ‘Kokoro no Tomo’ di Indonesia? Lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi asal Jepang yang bernama ‘Mayumi Itsuwa’ pada tahun 1982 ini hingga sekarang masih tetap digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan banyak sekali dari mereka yang mengarangsemen lagu ini ke bahasa Indonesia. Lagu Kokoro no Tomo dapat dikatakan sebagai salah satu lagu Jepang terpopuler di Indonesia.

Mayumi Itsuwa lahir pada 24 Januari 1951, Mayumi Itsuwa kini berusia 67 tahun. Pada tahun 1980-an, lagu Mayumi Itsuwa ini banyak yang populer di Asia Tenggara, selain lagu Kokoro no Tomo, di Indonesia, lagu yang juga terkenal berjudul Amayadori.
Pada Bulan Oktober 1972, karir di dunia rekaman dimulainya dengan single perdana yang berjudul Shojo, yang di rilis di CBS Sony. Album pertamanya berjudul Itsuwa Mayumi di rekam di Crystal Studio, California, Amerika Serikat.
Carol King juga ikut dalam rekaman tersebut, sehingga media massa Jepang menjulukinya Carol King dari Jepang saat itu.
Setelah itu, Mayumi Itsuwa membuat rekaman dirilis di prancis.  Tetapi dari semua hanya lagu Kokoro no Tomo yang paling populer, apakah orang Jepang tahu tentang lagu ini? Nah, saat saya bertanya kepada orang Jepang Tentang mengenai lagu ini.

Apakah Orang Jepang Tahu Tentang Lagu Kokoro no Tomo?

Saat ini saya menetap di Jepang sudah hampir 5 tahunan dan saya sudah banyak mempunyai teman orang Jepang. Sewaktu berkumpul dan memainkan alat musik, ada satu teman bertanya “Dewa yuk nyanyi lagu Indonesia”, saya bilang tidak bisa! Hey, kenapa? Kamu orang Indonesia kan? Katanya. Saya tidak bisa nyanyi,saut saya. Dan dia balik nanya lagi, “kalau begitu, kamu tahu lagu Jepang”? Saya jawab “Kokoro no tomo” saya bisa. Eh,, malah mereka nggak tahu. Hehe…

Mengapa di Jepang populer? Karena lagu Kokoro no Tomo dipromosikan melalui media massa sebagai lagi single. Lagu yang dimasuki dalam album “Shiosai” (Nyanyian Ombak) dan pada 1982 sangat jarang disiarkan di acara TV.

Kokoro no Tomo di Indonesia

Lagu Kokoro no Tomo yang tidak begitu dikenal di Jepang, tapi justru sangat populer di Indonesia. Mayumi Itsuwa yang merupakan penyanyi Kokoro no Tomo sendiri merasa agak bingung dan terkejut tentang kepopuleran lagu tersebut di Indonesia.

Pada tahun 1986, Mayumi Itsuwa melakukan konser tunggal di Jakarta. Saat diwawancara dengan media Indonesia, ia mencoba menjelaskan tentang lagu Kokoro no Tomo ini populer di Indonesia. Lagu dalam bahasa Jepang diterima, karena orang-orang mengerti perasaan dan emosi yang sesungguhnya yang diekspresikan dalam lagu. Terlepas dari liriknya!

Inilah kebanggaan sebagai penyanyi.

Post a Comment for "Populer di Indonesia, Tapi Kenapa Lagu Kokoro no Tomo Tidak Terkenal di Jepang? Ini Jawabannya"