Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesona Pantai Masceti Gianyar

Masceti

Pantai di Bali adalah salah satu agenda wisata yang diminati oleh sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Maka dari itu wisata pantai tak pernah sepi dari pengunjung, mulai dari Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Pandawa, Pantai Jimbaran, dan masih banyak lainnya. Jika pembaca ingin mengetahui, silahkan simak artikel ini sebaik-baiknya.

Namun berbeda dengan Pantai Masceti yang berada di Kabupaten Gianyar ini, keadaannya masih sepi dari wisatawan domestik maupun asing. Hal tersebut dikarenakan nama dan keunggulan pantai ini belum begitu dikenal oleh wisatawan. Meskipun demikian, Pantai Masceti memiliki keindahan alam yang bisa membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

Masceti

Pantai ini menyajikan nuansa pantai yang tenang, damai, hamparan pasir pantainya yang berwarna hitam yang dipadu dengan keindahan laut birunya sungguh mempesona. Ombaknya yang bergulung berpotensi untuk melakukan olahraga surfing, selain itu masih banyak lagi aktivitas liburan yang bisa Anda lakukan disini, seperti bersantai, berenang, berjemur, memancing serta bermain bola voli atau sepak bola pantai.    

Pantai ini juga digunakan untuk kegiatan upacara ngaben dan upacara melarung bumi oleh warga setempat khususnya yang beragama Hindu. Nama Pantai Masceti diambil dari kama Pura Masceti adalah suatu pantai yang masih dalam satu garis dengan Pantai Keras dan Pantai Saba.

Pura Masceti berfungsi untuk memuja Dewa Wisnu yang memberi kemakmuran kepada pemujanya. Ada cerita yang cukup menarik dibalik keindahan Pantai Masceti, yakni saat Dewa Wisnu masih menjalin hubungan dengan Dewi Laksmi, mereka sangat terpesona dengan Pura Masceti sehingga sering mengunjunginya, bercengkrama menikmati semua keindahannya.

Suatu hari mereka berbincang-bincang  dan berselisih paham, sehingga membuat Dewi Laksmi murka sampai memutuskan aliran laut yang menghubungkan antara Pantai Masceti dengan Pantai Saba menjadi loloan. Akibat dari perselisihan ini mereka pun berpisah dan sampai sekarang dipercaya, kalau berpacaran di Pantai Masceti atau Pantai Saba, hubungan tidak akan langgeng.

Pantai Masceti akan ramai dikunjungi oleh warga setempat pada saat sore hari, terutama di waktu libur. Untuk bertujuan kenyamanan wisatawan, pemerintah setempat membangun fasilitas seperti areal parking, toilet, sarung makan bahkan penginapan dan villa. Alamat Pantai Masceti berada di Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, Indonesia.

Dari pusat Kota Denpasar dibutuhkan waktu sekitar 30-45 menit perjalanan menuju ke arah timur. Untuk mengakses bisa bisa menggunakan rute sebagai berikut, Bandara Internasional Ngurah Rai kemudian melalui Jalan Tol Bali Mandara - Jl. Bypass Ida Bagus Mantra - petunjuk arah ke Pantai Masceti - belok kanan - area parkir Pantai Masceti.

Guys, dibasah ini masih ada banyak lagi obyek wisata di Kabupaten Gianyar yang bisa dijadikan agenda berlibur selanjutnya yuk baca selengkapnya.