Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prefektur Aomori Jepang


Prefektur Aomori Jepang
Jenis-jenis Lampion  di Perade Aomori

Prefektur Aomori merupakan prefektur yang terletak di bagian paling utara Pulau Honshu. Ibukotanya adalah Kota Aomori yang merupakan kota pelabuhan. Dahulu, sebelum terowongan bawah tanah  Seikan Undersea Railway dibangun, orang-orang pergi ke Hokkaido dengan naik kapal feri dari kota ini.

Saat berkunjung ke kota Aomori di musim panas tempatnya awal Agustus, jangan lupa nonton Nebuta Matsuri. Di festival ini Anda akan dibuat takjub dengan parade lampion raksasa berbentuk dewa dan oni dalam mitologi Jepang yang menghiasi langit malam Jepang di musim panas. Tak lupa pula kemeriahan dentuman taiko yang bersaut-sautan dan para penari yang beraksi di sepanjang parade.

Satu hal lagi yang melekat di jejak masyarakat Jepang ketika mendengar kata Aomori adalah, Apel! Prefektur ini merupakan penghasil apel terbesar di Jepang. Apel-apel produksi Aomori merupakan yang terbaik dikelasnya, salah satu jenis yang di banggakan oleh para petani Aomori apel jenis sekaiichi yang berarti nomor satu di seluruh dunia.


Prefektur Aomori Jepang
Lampion Berbagai Jenis

Sejarah Aomori

Sampai pada Restorasi Meiji, area ini dikenal sebagai Prefektur Aomori, dikenal sebagai utara Provinsi Mutsu. Provinsi Mutsu merupakan provinsi kuno Jepang yang mencakup empat prefektur di Tohoku, yakni Prefektur Miyagi, Fukushima, Iwate dan Aomori. Kota pelabuhan Aomori dibangun pada zaman Edo oleh Klan Hirosaki.

Nama Aomori sendiri berasal dari hutan hijau yang terdapat di sekitar pelabuhan. Hutan hijau ini dijadikan sebagai penanda bagi kapal yang hendak masuk ke pelabuhan. Prefektur Aomori resmi terbentuk pada tahun 1889.


Akses Transportasi ke Aomori

Dengan Pesawat:
Dengan menggunakan JAL dari Bandara Haneda (Tokyo), Itami (Osaka), Sapporo, Nagoya sekitarnya 1 jam 2 menit. Ada sekitar 3-6cpenerbangan setiap harinnya.


Dengan menggunakan JR menuju stasiun Aomori ada 2 shinkansen yang melayani transportasi menuju Aomori, yaitu Hayabusa dan Hayate, yang berangkat dari stasiun Tokyo dan memakan waktu sekitar 3 jam - 3 jam 30 menit. Sementara dari Sapporo, ada 2 kereta express bernama Super Hokuto dan Super Hukato, yang memakan waktu perjalanan 5 jam.


Dengan Bus

Ada beberapa tipe bus, yaitu La Foret, Tsugaru, dan Aomori Ueno, yang memiliki waktu perjalanan 10 jam dari Tokyo. Dari Sendai, bisa naik bus Blue City dan memakan waktu sekitar 5 jam. Sementara dari Morioka, naik bus Asunaro, sekitar 3 jam perjalanan.


Dengan Menggunakan Kapal Feri Menuju Aomori

Dari Hakodate dengan menggunakan kapal feri Aohako Ferry dan Tsugaru Kaikyo Ferry, maka akan sampai di Aomori dalam waktu 4 jam.

Post a Comment for "Prefektur Aomori Jepang"