Pis Bolong Pewayangan Bali Beserta Manfaatnya - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Pis Bolong Pewayangan Bali Beserta Manfaatnya


Pis Bolong Pewayangan Bali Beserta Manfaatnya
Pis Bolong Pewayangan Bali Beserta Manfaatnya

Pis bolong atau uang kepeng adalah salah satu budaya Bali yang pernah menjadi alat transaksi pada masa lampau, dan hingga kini masih menjadi pelengkap sarana upacara keagamaan (Banten atau Upakara).Bentuknya bulat pipih dan bagian tengahnya berlobang. Pada kedua permukaan uang kepeng ini berisi tulisan huruf Cina. Di Bali, uang kepeng masih memiliki fungsi di masyarakat Hindu Bali. Berbagai sarana upacara masih memerlukan uang kepeng ini, serta dimanfaatkan pula untuk membuat benda-benda cinderamata untuk kepentingan pariwisata.

Beberapa para ahli di bidang benda-benda purbakala meyakini bahwa uang kepeng/pis bolong ini berasal dari negeri Cina. Salah satunya pendapat dari F.A. Liefrinck yang menyatakan uang kepeng sebagai Chinese Coins. Pendapat ini didasari karena pada kedua bilah uang kepeng tersebut berisi tulisan huruf Cina.

Sejarah Uang Kepang atau Pis Bolong Bali
Sejarah Uang Kepang atau Pis Bolong Bali

Sejarah Uang Kepeng

Menurut cerita pada masa lampau, ada seorang musafir dari Cina yang bernama Fa Hien pergi berlayar menuju ke daerah tanah Hindu yaitu India dan Srilanka. Setelah beberapa lama berada disana, kemudian ia kembali ke negeri asalnya sekitar 414 Masehi. Namun ditengah perjalanan, kapal yang ditumpanginya diserang badai dan mengalami kerusakan. Kemudian kapal tersebut terdampar di sebuah pulau yang kemudian dikenal sebagai Ya-wa-di. Konon yang dimaksud dengan Ya-wa-di adalah Jawa Dwipa atau Pulau Jawa. Ada kemungkinan pada masa itu uang kepeng sudah mulai diperkenalkan di sana.

Zaman itu ada para ahli yang berpendapat bahwa uang kepeng sudah dikenal di Indonesia pada masa kerajaan di Nusantara yang menjalin perdagangan dengan Cina. Seperti diketahui bahwa Bangsa Cina dikenal sebagai bangsa pedagang sejak zaman dulu. Pada masa itu mereka sudah melakukan perdagangan dengan bangsa-bangsa belahan dunia lainnya, baik melalui darat maupun lautan. Bukti ada hubungan perdagangan negeri Cina dengan raja-raja di Pulau Jawa dapat dibuktikan dengan ditemukan uang kepeng sejumlah yang cukup banyak di beberapa Kota di Jawa seperti, Pati, Kudus , Batang, Kendali, Cilacap, Temanggung, Purworejo, Blora, yang secara geografis kebanyakan terletak di pesisir pantai.

R. Goris, seorang sejarawan dari Belanda yang lama tinggal di Desa Sanglah, Denpasar, bahwa uang kepeng sudah dikenal di Bali sekitar 882 Masehi.
Bagi sebagian masyarakat Hindu di Bali, uang kepeng jenis tertentu diyakini memiliki kekuatan gaib atau magis.
Menurut Koentjaraningrat, kemampuan manusia untuk menghadapi hidup ini memang dilandasi oleh naluri dan ilmu pengetahuan. Namun terkadang semua itu tidak mampu diselesaikan, permasalahan yang dihadapinya  dengan tuntas dengan cara rasional. Untuk itu, mereka menyiasatinya dengan cara yang irasional yakni dengan ilmu gaib atau magis. Dikatakan juga bahwa ilmu gaib atau magis dimaksud adalah cara-cara manusia untuk mempengaruhi alam dalam usahanya untuk mencapai tujuan.

Fungsi Magis Pis Bolong Pewayangan Bali
Fungsi Magis Pis Bolong Pewayangan Bali

Fungsi Magis Pis Bolong Pewayangan Bali

Adanya usaha manusia yang sedemikian itu pada akhirnya memunculkan benda-benda yang memiliki kekuatan gaib, salah satunya adalah dalam bentuk uang kepeng. Tentunya uang kepeng jenis ini memiliki kekhususan yang tidak dimiliki oleh uang kepeng biasanya. Kalau uang kepeng biasa pada umumnya pada dua sisinya bertulisan Cina,namun pada uang kepeng gaib pada salah satu sisinya akan berisi rerajahan atau gambar tertentu diantaranya gambar Arjuna, Bima, Kresna, Panca Pandawa, Tualen, Sangut, Hanoman, Kuda, Jaring, Bulan Sabit dan Lainnya.

Uang kepeng yang berisi rerajahan pada umumnya memiliki kekuatan sesuai dengan gambar yang terdapat pada salah satu sisi dari uang kepeng tersebut. Kekuatan gaibnya akan muncul kalau si pemilik yang membawa uang kepeng tersebut percaya dengan hal itu. Beberapa selentingan memang terdengar santer di masyarakat bahwa kekuatan gaib uang kepeng memang sangat dahsyat. Seseorang yang menjuarai lomba lari jarak jauh digosipkan memiliki uang kepeng bergambar kuda atau lebih dikenal dengan Pis Jaran. Seorang pemuda yang wajahnya yang tidak begitu menjanjikan tiba-tiba menikah dengan seorang gadis cantik seperti bidadari, kemudian diisukan mempunyai Pis Rejuna.


Jenis-Jenis Uang Kepeng atau Pis Bolong Pewayangan Bali yang Mempunyai Daya Magis dan Manfaat Bagi Sang Pemiliknya

Pis Sangut
Pis Sangut

Pis Sangut


Uang kepeng atau Pis Sangut  dan Pis Delem ini sangat diminati oleh banyak Orang karena memiliki kekuatan magis sama seperti tokoh Sangut dalam cerita pewayangan. Dengan membawa Pis Sangut sebagai jimat orang yang membawanya akan menjadi sangat lihai dalam berdebat.

Pis Malen
Pis Malen

Pis Malen

Pis Malen atau Tualen dan juga di sebut Semar uang kepeng ini juga diyakini memiliki kekuatan gaib. Dipercaya dengan membawa Pis Tualen ini orang akan merasa tenang saat berdampingan dengan situasi apapun. Ia akan disegani oleh musuh-musuhnya, serta mampu mempengaruhi pikiran dan pendapat orang lain.

Pis Kresna
Pis Kresna

Pis Kresna

Sesuai dengan peran Kresna dalam dunia pewayangan, maka fungsinya adalah sebagai penuntun ke arah kebaikan dan kebijakan. Dipercaya juga kepada orang yang membawa Pis Kresna akan memiliki sifat-sifat mulia dan selalu berpihak pada kebenaran, jujur, dan selalu menegakan keadilan. Oleh karenanya benda ini sangat cocok dimiliki oleh seorang pemimpin negara. Dengan membawa Pis Kresna dipercaya akan menjadi pintar dalam bernegosiasi dak menjadi politikus negarawan seperti halnya Kresna di pewayangan mahabharata.

 Pis Dewata Nawa Sanga

Pis Dewata Nawa Sanga

Pis Dewata Nawa Sanga

Pis Dewata Nawa Sanga ini dibuat hanya 9 biji saja, pada dahulu kala, ini saya ketahui dari seseorang tetua (buyut / penglingsir), jadi ini termasuk langka. Dimana fungsi Pis Nawa Sanga ini digunakan untuk menjaga Diri dan menambah kekuatan spiritual.


 Pis Panca Pandawa

Pis Panca Pandawa

Pis Panca Pandawa


Dinamakan demikian, karena permukaan uang kepeng ini terdapat gambar dari kelima ksatria Putra Pandu, yaitu: Dharmawangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Pis ini dipercayai memiliki kekuatan gaib seperti, kewibawaan, kekuatan, dan juga kebijaksanaan.

Pis Yudistira
Pis Yudistira

Pis Yudistira

Pis Yudistira dipercaya mempunyai tuah untuk kewibawaan, kesabaran, keadilan, dan kejujuran bagi yang membawanya. Pis Yudistira ini cocok dipakai oleh seorang pemimpin.
Pis Bolong ini diyakini dapat membantu kita dari fitnah dan selalu dianggap baik oleh seseorang dan jika membawa pis ini harus selalu menegakan kebaikan agar tidak melenceng dari makna Pis Yudistira. Pis ini berlambangkan Darmawangsa atau seseorang  yang selalu berbuat baik.

Pis Arjuna
Pis Arjuna

Pis Arjuna

Uang kepeng Arjuna atau Pis Rejuna sesuai dengan namanya,maka pada salah satu sisinya terdapat gambar Arjuna. Dalam cerita Mahabarata, Arjuna dikenal sebagai putra ketiga dari Dewi Kunti dan nomor tiga dari Panca Pandawa. Di samping pandai memanah, ia juga dikenal sebagai ksatria yang gagah dan berani. Wajahnya yang rupawan menyebabkan ia diidolakan oleh para wanita.

Ketampanan itulah yang sebenarnya menjadi penyebab mengapa banyak lelaki kemudian berkeinginan untuk memiliki Pis Rejuna tersebut. Di samping itu, sebagian masyarakat ada yang meyakini bahwa dengan menjadikan Pis Rejuna sebagai jimat akan menyebabkan banyak wanita tergila-gila pada si pemilik pis tersebut.
Namun ada pendapat lain, yang menyebabkan Pis Rejuna fungsinya tiada lain untuk melanggengkan hubungan orang yang bersuami-istri atau hubungan sejoli yang sedang dilanda asmara.

Pis Nakula Sadewa
Pis Nakula Sadewa

Pis Nakula Sadewa

Uang kepeng atau Pis Bolong Nakula Sadewa ini saya belum tahu pasti, apakah Nakula-Sadewa atau Bidadari?
Setelah saya memastikan dengan mencari di buku dan bertanya-tanya dengan penglingsir (buyut) pis bolong ini diyakini Pis Nakula-Sadewa.
Fungsinya digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit dan ilmu hitam.

Pis Betara Siwa
Pis Betara Siwa

Pis Betara Siwa

Uang kepeng atau Pis Betara Siwa ini adalah gambarnya Pewayangan yang sedang menunggangi sap. Jenis Pis Bolong Betara Siwa ini termasuk sangat langka.

Pis Ganesha
Pis Ganesha

Pis Ganesha

Pis Ganesha dipercaya untuk menambah kecerdasan dan untuk melindungi dari sesuatu hal yang buruk bagi sang pemilik Pis Bolong ini.

 Pis Dewi Bulan

Pis Dewi Bulan

Pis Dewi Bulan

Menurut sumber Pis Bulan ini mempunyai kekuatan magis untuk para wanita atau ibu, untuk kecantikan dan menjaga hubungan dengan suami atau pacar. Pis Bolong Dewi Bulan Dipercayai mempunyai kekuatan magis untuk wanita agar terlihat lebih cantik dan menarik, maka Pis Bolong Dewi Bulan ini cocok dibawa oleh wanita agar para suami atau kekasih akan menjadi semakin lebih sayang kepada istri atau kekasihnya.

Pis Bima
Pis Bima

Pis Bima

Pis Bima memiliki kekuatan gaib yang pada intinya menjunjung tinggi kejujuran dan kebenaran. Oleh karenanya, Pis Bima sangat cocok dimiliki oleh orang yang mengemban tugas sebagai pecalang. Di samping itu, bagi orang yang membawa u
Pis Bima ini sebagai jimat akan menjadikan dirinya tangkas dan mahir dalam peperangan.

Pis Hanoman
Pis Hanoman

Pis Hanoman

Kekuatan daya magis dari Pis Bolong Hanoman bisa memberikan tenaga supernatural selam digunakan di jalan kebaikan dan kejujuran. Pis Hanoman, keistimewaannya adalah mampu memberikan kekuatan dan tenaga seperti angin kepada orang yang membawanya.

Pis Jaring
Pis Jaring

Pis Jaring

Daya magis dari pis jaring ini sangat cocok bagi para pedagang yang menjaring pelanggan atau rejeki, menambah pelanggan dalam berbisnis serta bagi anggota Dewan cocok untuk menjaring suara pemilihan saat pemilihan umum.

Sebagai sumber penghasilan, cukup diselipkan di saku dompet dan bisa dibawa kemanapun pergi. Khodam ini harus diikat dengan benang tridatu (merah, putih, hitam) dan sudah di upacarakan. Kalau benang ini putus berarti ada orang jahil yang mencoba mencelakai sang pemakainya, sehingga khodam akan pergi.

Pis Gajah
Pis Gajah

Pis Gajah

Pis  Airawanata atau Pis Gajah ini mempunyai saya magis agar sipemakai akan memiliki kekuatan layaknya sepertogajah, memiliki kesetiaan seperti Airawanata krpada Dewa Indra, dan kebijakasanaan.

 Pis Jaran

Pis Jaran

Pis Jaran

Dalam kepercayaan masyarakat Bali, Pis Jaran iki biasanya digunakan sebagai jimat oleh para pengalu (Pedagang atau Saudagar tradisional yang mengantarkan atau menjajakan barang dagangannya jauh ke luar wilayah dengan menggunakan kuda beban atau kuda pikulan), sehingga dalam perjalanan jauh apapun tidak akan merasakan lelah. Dan ada yang meyakini Pis Jaran ini memiliki kekuatan magis  dalam peperangan dan pertempuran akan memiliki semangat bertempur seperti layaknya kuda.

Pis Bolong Surya
Pis Bolong Surya

Pis Bolong Surya

Pis Bolong Surya diyakini dapat memberikan sinar pada setiap aktivitas yang dilakukan oleh pemiliknya.

Pis Butha
Pis Butha

Pis Butha

Pis Butha merupakan Pis Bolong yang tidak bertulisan dan tidak bergambar pada kedua belah sisinya.

Pis Padma
Pis Padma

Pis Padma

Di dalam perkembangan Hindu di Bali Bunga Padma atau Teratai digunakan sebagai upacara atau bertanya karena bunga teratai atau padma mempunyai banyak makna dan simbol religius. Bunga teratai atau padma hidup di tiga alam (darat  atau tanah, air dan udara) melambangkan tiga dunia (bhur, bhuwah dan susah) walaupun hidupnya di lumpur tetapi daun dan bunganya menjulang hingga diatas permukaan air dan bunganya berbau harum.

Bunga teratai yang harum dilamabangkan sebagai stana Hyang  Widhi yang sesuai dengan bentuk bunga atau puriknya yang berbentuk kerucut berbalik sehingga berbentuk seperti altardan seperti samadhi. Mahkota bunga teratai menunjukan disegala arah melambangkan arah mata angin (asta dala). Jika kita menghirup mahkota bunga teratai tersebut urat saraf kita akan terangsang sehingga akan mengantarkan   jiwa dan kekhusyukan dalam bersemedi atau sembahyang.

Uang Kepeng Padma adalah lambang tempat singgasana Tuhan sebagai pencipta, selain itu, delapan kelopak dan satu titik ditengah pafma tersebut melambajgkan ke 9 dewa-dewa yang beristana di masing-masing arah penjuru angin yang lebih dikenal dengan Dewata Nawa Sanga.

Uang kepeng atau Pis Bolong Padma oni dipercayai memiliki fungsi spiritual untuk kedamaian, menangkal ilmu hitam, dan sebagai sarana pemusatan pikiran dalam melakukan yoga semadi atau bermeditasi.

Itulah jenis-jenis Pis Bolong Bali dan Pewayangan Bali beserta manfaatnya. Apabila ada yang belum Anda tahu silahkan request atau kasih tau saya, karena hidup ini selalu untuk belajar. Semoga bermanfaat.
Post a Comment