Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesona Pulau Kanawa

Pesona Pulau Kanawa

Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur menyimpan sejuta pesona yang akan selalu menarik untuk dijelajahi. Di gugusan Kepulauan Komodo  sendiri terdapat puluhan pulau-pulau kecil dengan keindahan alam yang luar biasa dan masih alami. Salah satunya adalah Pesona Pulau Kanawa.

Pulau Kanawa terletak kurang lebih 10 kilometer dari Labuan Bajo, pelabuhan utamanya adalah di ujung barat Flores. Saat tiba di pulau seluas  32 hektar ini, pengunjung langsung disuguhi pemandangan laut yang sangat jernih dan dermaga kayu sepanjang 50 meter, pemandangan pasir putih yang membentang mengelilingi pulau, serta suasana sepi dan tenang yang membuat siapa pun akan langsung jatuh cinta pada pandangan pertama pulau ini.

Pengelola pulau ini adalah Kanawa Island Resort, memang sangat menjaga keasrian dan keindahan pulau. Meski terkesan sebagai “pulau pribadi”, pengunjung tetap bisa leluasa menikmati tiap jengkal keindahan pulau ini. Pemandangan alam yang indah dengan laut dan gugusan pulau-pulau kecil  disekitarnya, ditambah dengan kehidupan bawah lautnya yang menawan, membuat pesona Pulau Kanawa makin lebih memukau.

Pesona Pulau Kanawa

Terdapat sebuah bukit di tengah pulau, dimana dari puncak bukit ini merupakan spot terbaik untuk arial pemandangan Pulau Kanawa. Deretan bungalow-bungalow di pesisir pantai menambah  keindahan pulau, lautan biru tosca yang jernih membentang dari tepi pulau hingga Labuan Bajo yang terlihat dari kejauhan. Puncak bukit ini juga merupakan tempat favorit pengunjung untuk menikmati sunset dari Pesona Pulau Kanawa.

Snorkeling dan diving adalah kegiatan utama di perairan Kanawa. Menurut Payana Dewa, Kanawa merupakan salah satu spot snorkeling dengan keanekaragaman bahari yang terkaya di Asia Tenggara. Bahkan tanpa menceburkan diri ke laut pun anda bisa melihat indahnya terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang elok dari atas dermaga.

Terdapat pusat area diving yang melayani diving course dengan instruktur diving internasional. Tak jauh dari area pantai dapat dengan mudah anda temui bayi hiu abu-abu yang mungil berukuran kurang lebih 30 cm, yang jinak. Agak jauh dari tepian pantai anda akan menjumpai gerombolan ikan barakuda, tuna, batfish, bannerfish, lionfish, anemone laut, nemo alias clownfish,dan serta spesies lainnya yang hidup di koral garden Kanawa.

Pesona Pulau Kanawa

Cara Menuju Pulau Kanawa

Pulau Kanawa biasanya sudah ada dalam perjalanan wisata ke Sail Flores yang sudah disediakan oleh trip operator dari Bali, Lombok atau Labuan Bajo. Tapi kalau memang anda ingin secara khusus mengunjungi pulau eksotik ini, pilihan terbaiknya adalah menuju Labuan Bajo. Kota pelabuhan ini bisa diakses lewat jalur darat maupun udara dari Lombok dan Sumbawa, serta jalur udara dengan penerbangan dari Denpasar.

Dari Labuan Bajo anda harus menempuh perjalanan dengan perahu motor selama kurang lebih 30-40 menit, menumpang kapal milik Kanawa Island Bungalow pada jam-jam tertentu (sekitar 10.00 AM waktu setempat), atau dengan charter sekitar 250-300 ribu rupiah per perahu. Akan lebih murah jika anda share cost dengan penumpang lain atau pergi beramai-ramai dengan teman atau pengunjung lainnya.


Akomodasi Di Pulau Kanawa
 
Terdapat belasan bungalow di pesisir pantai dan beberapa kamar penginapan dengan harga berkisar Rp. 350-400 ribu permalam. Kamar-kamar ini berupa rumah panggung berlantai kayu dengan dinding bambu, dihiasi dengan daun kelapa dan rumbia serta memiliki sebuah kamar mandi tanpa atap disampingnya. Juga terdapat balkon di setiap kamar yang menghadap pantai.  Menghabisi waktu bersama pasangan atau ramai-ramai bareng sahabat di tempat ini benar-benar membuat Pesona Pulau Kanawa seperti pulau pribadi.

Post a Comment for "Pesona Pulau Kanawa"